Jatah Ketua untuk Fraksi Bergantian

  • Whatsapp
KM/SUBHAN BAGI-BAGI: Jatah posisi ketua fraksi Amanat Sejahtera dan fraksi Perjuangan Rakyat di DPRD Sampang ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.

Kabarmadura.id/Sampang-Jabatan ketua fraksi gabungan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama dengan kontrak berbagi waktu.

Catatan Kabar Madura, saat ini fraksi yang sudah terbentuk meliputi Fraksi Amanat Sejahtera, yang terdiri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kemudian yang kedua yakni Fraksi Perjuangan Rakyat yang terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Juru bicara Fraksi Amanat Sejahtera DPRD Sampang Nasafi mengatakan, mekanisme penentuan ketua fraksi gabungan itu akan dilakukan secara bergantian dengan batas waktu tertentu, berdasarkan hasil kesepakatan bersama ketua fraksi akan diganti dalam waktu yang ditentukan.

Kata Nasafi, secara administrasi penentuan ketua fraksi belum diputuskan, meskipun sudah pasti PAN dan PKS berkoalisi, karena dalam waktu dekat masih akan melaksanakan rapat bersama-sama dengan petinggi partai koalisi.

“Untuk jabatan ketua fraksi amanat sejahtera ini dari PKS selama dua tahun lima bulan (2,5) kedepan, setelah itu ketua fraksi diganti dari PAN, namun kepastiannya tergantung hasil kesepakatan rapat nanti,” ucap Nasafi, Kamis (29/8).

Ia menegaskan, kewenangan pihaknya dalam penentuan ketua fraksi tersebut, hanya sebatas mengajukan nama anggota DPRD kepada di pimpinan partai, finalnya dipasrahkan kepada pimpinan masing-masing partai yang diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama.

“Saya hanya mengajukan nama-nama anggota dewan kepada pimpinan partai untuk diputuskan siapa yang dinilai layak dan pantas menjadi ketua fraksi, selebihnya para ketua partai yang memutuskan,” jelasnya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi Perjuangan Rakyat DPRD Sampang Anto Haryono membeberkan, struktur kepengurusan fraksi selama beberapa tahun kedepan sudah ditentukan, untuk ketua fraksi sudah disepakati diisi oleh Iwan Efendi  dari PDI-Perjuangan, sementara sekertaris Muhammad Far Far dari Partai Hanura.

Ia menegaskan dalam penentuan struktur kepengurusan fraksi perjuangan rakyat itu, sudah dibagi secara rata yang dilakukan dengan membagi masa kepemimpinan dari masing-masing partai koalisi.

“Ketua Fraksi Perjuangan Rakyat yang pertama dari PDI-Perjuangan selama 2,5 tahun, selanjutnya jabatan ketua fraksi ini akan diganti dari Partai Hanura yang diputuskan melalui rapat bersama nanti,” tandasnya. (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *