Jatah Transmigran Sumenep Hanya Tujuh

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Sumenep-Jatah transmigran untuk Sumenep hanya sebanyak tujuh orang.  Halitu disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) M Syahrial. Ia menambahkan, pihaknya tidak bisa menentukan banyak sedikitnya jumlah transmigran Sumenep yang akan diberangkatkan dikarenakan hal itu merupakan wewenang pihak provinsi.

“Kita hanya melakukan penjajakan dan perekrutan saja. Sebenarnya kita mengajukan inginnya banyak, tetapi kan jatahnya sudah segitu,” ungkap mantan Dinas Lingkungan Hidup tersebut saat ditemui, Rabu (10/7).

Syahrial menambahkan,  dalam merekrut para transmigran tersebut pihaknya melakukan pendekatan door to door. Ia mengakui, dalam merekrut para transmigran ini tidak begitu mudah, salah satunya karena adanya perbedaan antara tempat yang disediakan dan keinginan transmigran yang akan diberangkatkan.

Transmigran yang bersedia melakukan transmigrasi ke tempat-tempat di luar daerah, akan diberi fasilitas rumah dan tanah untuk bercocok tanam oleh pemerintah. Syahrial memastikan, para transmigran ini nantinya di tempat yang dituju akan bekerja sebai petani atau pekebun, tidak akan bekerja sebagai buruh pabrik.

Para transmigran juga akan diberi fasilitas dari pemerintah, tetapi hanya selama satu tahun.  Selebihnya diserahkan sepenuhnya kepada transmigran, mampu bertahan atau tidak di tempat itu.

Di sisi lain, Syahrial yakin orang Madura bisa sukses di luar sana karena orang-orang Madura dikenal sebagai pekerja yang ulet dan pantang menyerah. Sebelumnya, akunya, ada orang Madura yang berhasil membuat jasa angkutan di tempat transmigrasi. (km48/pi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *