Jelang Hadapi Borneo FC, Fabio: Ronaldo Butuh Cepat Beradaptasi dengan Tim


Jelang Hadapi Borneo FC, Fabio: Ronaldo Butuh Cepat Beradaptasi dengan Tim
(KM/ALIFFAIQ RADITO) BELUM PASTI: Fabio Lefundes menerangkan kemungkinan Ronaldo Kwateh dibawa ke markas Borneo FC.

KABARMADURA.ID | Pelatih Madura United Fabio Lefundes telah menyelesaikan persiapan terakhirnya jelang hadapi Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (1/10/2022). Persiapan terakhir itu berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, Rabu (28/9/2022).

Baru pada Kamis (29/9/2022), rombongan Madura United akan bertolak ke Samarinda untuk mengarungi laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023. Sejumlah pemain telah dipersiapkan, tapi Fabio belum mau membocorkan barisan pemain yang akan diboyong, termasuk kans pemain muda Ronaldo Kwateh.

Arsitek berkebangsaan Brasil itu menerangkan, peluang Ronaldo untuk ikut ke laga terdekat terbuka lebar. Namun, dia menerangkan, khusus putra mantan legiun asing Roberto Kwateh itu memerlukan adaptasi terhadap strategi tim.

Alasannya, kata Fabio, Ronaldo terakhir bersama dengan Madura United pada Liga 1 2021-2022. Lalu, wonderkid itu disibukkan terhadap agenda Tim Nasional (Timnas) Indonesia baik yang senior ataupun kelompok usia.

Di sisi lain, Fabio melakukan perombakan komposisi skuad musim ini. Hampir 50%, diisi oleh wajah baru.

"Ada beberapa pergantian taktik di dalam tim, dia harus ada waktu untuk bisa mengerti bagaimana mekanismenya. Saya tidak boleh gegabah menentukan pilihan. Saya harus ada rencana untuk bisa melakukan dengan dia. Kami harus pintar kapan harus masukin dia dalam tim, dan dia punya kondisi untuk bisa partisipasi dengan maksimal," jelasnya.

Terakhir, Ronaldo membawa Timnas Indonesia U20 lolos dari kualifikasi Piala Asia U20 2023. Dia bermain dua kali dari tiga pertandingan pada kualifikasi tersebut.

Reporter: Syahid Mujtahidy

Redaktur: Mohammad Khairul Umam