Jelang Pelantikan Gubernur, PWI Pamekasan Deklarasi Perangi Hoaks

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Menjelang pelantikan Gubernur Jawa Timur, puluhan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan berkumpul di Rumah Makan Balai Redjo Pamekasan, Selasa (25/9) malam. Mereka menggelar deklarasi perangi hoaks menjelang pelantikan Gubernur Jawa Timur.

Ketua PWI Abd Aziz menegaskan, deklarasi tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi sekaligus memerangi berita hoaks yang cenderung merugikan masyarakat. Di samping itu, juga meresahkan pemerintah.

“Lebih-lebih bersamaan dengan momentum politik. Hoaks ini telah meresahkan semua kalangan, termasuk pemerintah sendiri,” terang Aziz.

Diterangkan Aziz, deklrasi perangi memerangi hoaks merupakan momentum sekaligus konsolidasi mempersiapkan pelantikan kepengurusan baru.

“Juga sebagai peneguhan dan penguatan komitmen untuk kita bersama-sama mengantisipasi dan menerangi berita bohong atau hoaks,” tegas Aziz.

Karena itu, mahasiswa Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini mengajak jajaran pengurus yang berasal dari berbagai media di organisasi profesi yang dipimpinnya, agar bersama-sama komitmen menangkal hoaks.

“Seperti kita tahu, seiring dengan berkembangnya era digital, sangat banyak hoaks yang cenderung meresahkan masyarakat. Sudah semestinya, kita sebagai wartawan yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar memberikan informasi positif sekaligus menyajikan informasi mendidik bagi publik,” bebernya.

Menurutnya, saat ini masyarakat dihadapkan dengan era keterbukaan yang seharusnya dijadikan sebagai momentum berbenah untuk lebih baik. Karena itu, pihaknya berharap agar anggota di instansi yang dipimpinnya bisa memberikan pencerahan bagi publik sebagai konsumen dari informasi yang disajikan.

“Selalulah berbenah dan memberikan informasi mendidik bagi masyarakat. Ini adalah salah satu upaya positif jihad memerangi hoaks,” pungkasnya. (nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *