oleh

Jelang Pilkades Serentak, Pemohon E-KTP di Sampang Membeluda

Kabarmadura.id/Sampang-Beberapa bulan terakhir, pelayanan dokumen kependudukan khusus E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, mengalami peningkatan signifikan. Terlebih, dalam waktu dekat, kabupaten berjuluk Kota Bahari itu, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019.

Sekretaris Dispendukcapil Sampang Achmad Badwi mengatakan, jumlah pemohon E-KTP sejak beberapa bulan terakhir meningkat sekitar 15 persen dari hari biasanya. Sayangnya, meningkatnya jumlah pemohon pembuatan E-KTP , tidak diimbangi dengan ketersediaan blanko yang sampai saat ini masih sangat terbatas.

“Jumlah pemohon E-KTP meningkat, dalam satu hari bisa menjacapai 600 orang, peningkatan pemohon ini, lantaran menjelang pelaksanaan Pilkades,” terangnya, kemarin (7/11).

Lanjut Badwi, kendati pelayanan dokumen kependudukan belakangan ini meningkat, akan tetapi masyarakat tidak langsung mendapatkan E-KTP. Sebab, sejak beberapa bulan terakhir, stok blanko E-KTP di Sampang mengalami kekosongan.

Dengan demikian, untuk sementara waktu warga yang mendaftar masih diberi Surat Keterangan (Suket) sebagai ganti E-KTP. Suket itu lanjut Badwi, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan E-KTP, hanya saja masa berlakunya dibatasi, hanya enam bulan.

“Sekarang kondisi blanko E-KTP mengalami kosongan, sebagai gantinya kami menerbitkan Suket,” terangnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed