oleh

Jelang Porprov Jatim 2022, Askab PSSI Pamekasan Gencar Membina 35 Klub

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Wabah Covid-19 tidak menyurutkan sepak terjang Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh (PSSI) Pamekasan dalam  membina seluruh pemain di 35 klub di bawah binaannya.

Terlebih lagi, menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur pada tahun 2022 mendatang, PSSI terus mematangkan pemainnya. Bahkan, baru-baru ini, salah satu pemain Badoenk FC berhasil mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19.

Sekretaris Askab PSSI Pamekasan, Haqi, mengatakan, pihaknya mengirimkan pemain kelompok usia 19 tahun sebanyak 10 orang dan pemain kelompok usia 16 tahun sebanyak 15 orang. Mereka dikirim untuk mengikuti seleksi timnas di masing-masing kelompok usia.

15 orang pemain tersebut berasal dari tiga klub yaitu dari Askab PSSI Pamekasan lima orang, dari Pamekasan FC lima orang, dan dari Persepam lima orang. Sementara itu, di U-19 pihaknya hanya bisa mengirimkan 10 pemain karena keterbatasan talenta muda di usia itu.

“Penunjukan itu dari hasil pemantauan bakat pada turnamen terakhir yang digelar PSSI Pamekasan, yaitu turnamen KU-14 2019,” ungkapnya.

Meski belum bisa menggelar even karena Covid-19, pihaknya masih konsisten melanjutkan pembinaan untuk persiapan menjelang Pra-Porprov Jatim 2022 mendatang. Pembinaan tersebut dilakukan pada batasan usia sesuai standar Porprov Jatim.

“Jadi sebagian untuk kelompok usia 19 tahun itu diambil juga dari hasil seleksi persiapan Pra-Porprov Jatim,” lanjutnya.

Namun demikian, untuk persiapan pra-porprov, pihaknya mengaku masih melakukan proses seleksi terakhir kepada setiap anggota. Meski telah menyeleksi secara umum, pihaknya terus melakukan seleksi berjalan.

“Tetap ada bongkar pasang. Ada pemain keluar, ada pemain masuk. Jadi ketika ada pemain yang tidak berkembang, kita kembalikan ke klub asalnya untuk dibina di klub,” terangnya.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Khairul Umam mendukung langkah Askab PSSI Pamekasan untuk terus berkarya dan membina setiap talenta muda Pamekasan.

Pihaknya mengimpikan ada pemain sepak bola putra daerah Pamekasan yang bersinar di kancah nasional. Sehingga nama Pamekasan akan semakin terangkat. Bisa meniru Madura United yang mengangkat nama Madura.

“Kami dukung. Pamekasan memiliki banyak talenta muda berbakat. Kami yakin, jika terus dilakukan pembinaan secara profesional, putra daerah akan bersinar,” harapnya. (ali/maf)

Komentar

News Feed