Jelang Porprov Jatim 2022, KONI Bangkalan Bakal Adakan Puslatkab

  • Whatsapp
(FOTO: KM-IST) SPORTIF: Tim voli Bangkalan saat melakukan pertandingan persahabatan bersama Tim voli Sidoarjo di Alun-Alun Bangkalan beberapa waktu lalu.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim tahun 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangkalan bakal menyelenggarakan pemusatan latihan kabupaten (puslatkab). Kegiatan pemusatan tersebut untuk memantau dan mengukur kondisi atlet di semua cabang olahraga binaannya.

Ketua KONI Bangkalan, Ahmad Fauzan Jakfar, menuturkan, dirinya menginginkan puslatkab benar-benar menjadi bentuk kesungguhan KONI Bangkalan dalam mengawasi dan memaksimalkan kondisi fisik para atlet menjelang Porprov 2022. “Ini adalah bentuk komitmen kami untuk serius mempersiapkan diri jelang Porprov 2022 nanti,” katanya.

Bacaan Lainnya

Sebab, menurutnya, posisi Bangkalan di tingkat Jawa Timur berada peringkat 30-an. Sehingga dirinya optimis dan menargetkan Bangkalan harus masuk 10 besar dalam ajang olahraga tingkat provinsi itu. “Kami ingin prestasi kami meningkat, makanya puslatkab ini akan menggembleng para atlet untuk siap dan tampil maksimal,” tuturnya.

Dirinya juga membentuk Badan Sport Sains untuk memastikan kapasitas latihan yang didapatkan oleh para atlet betul-betul otentik sesuai dengan ilmu pengetahuan. “Kami ingin memastikan bahwa dalam pengawasan kami, keilmuan mereka dalam bidang olahraganya bisa dipertanggungjawabkan,” ulasnya.

Ia juga menambahkan, atlet yang ikut pengukuran fisik sebanyak 243 atlet. Tetapi yang mengikuti puslatkab hanya 130 atlet. Dengan didampingi 25 pelatih, juga 25 official. Sementara itu, jangka waktu latihan puslatkab tahap pertama diperkirakan hingga akhir tahun 2021. “Sebenarnya jika dihitung dengan 2 bulan mereka latihan mandiri, kemungkinan ada 11 bulan, karena kami sudah mulai sejak Februari lalu,” paparnya.

Sedangkan Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Bangkalan, Rohmad Basuki menyampaikan, kegiatan puslatkab yang diadakan dari jauh itu akan memaksimalkan perpaduan antara masing-masing atlet, sebab sebelumnya puslatkab hanya dilakukan 3 bulan menjelang kompetisi. “Kalau persiapannya dari sekarang, nanti akan membuat atlet lebih padu dan lebih kompak dalam bermain,” ungkapnya.

Selain itu, kondisi fisik dan skill para atlet juga bisa lebih terjaga. Bahkan bagi para pengurus cabor, puslatkab akan memudahkan para pengurus mengawasi dan menjaga atlet agar selalu mendapatkan pelatihan yang baik. Sehingga kemampuan atlet bisa lebih baik. “Kalau lebih kompak, disiplin, dan kompeten tentu kesempatan kemenangan bisa lebih besar, semoga saja bisa kami maksimalkan,” pungkasnya. (km59/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *