Jika Mendesak, RS Paru Pamekasan Siap Layani Rapid Test Mandiri

  • Whatsapp
KM/ ALI WAFA

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Keinginan sebagian warga Madura untuk melakukan rapid test atau tes cepat untuk mengetahui kemungkinan terinfeksi Coronavirus Disease (Covid-19) sudah bisa dilakukan secara mandiri. Layanan tersebut, untuk sementara hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit Mohammad Noer (RSMN) Pamekasan.

Dibukanya layanan rapid test mandiri tersebut, sebagaimana disampaikan Penanggungjawab (Person In Chas/PIC) Satgas Covid-19 RSMN, dr. Tri Susandhi Juliarti, dalam rangka mengurangi kecemasan warga yang khawatir terinfeksi Covid-19, karena dekat dengan keluarga  atau usai perjalanan, namun tidak  masuk  dalam status tertentu dalam prosedur penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kalau memang ada kebutuhan masyarakat seperti itu, maka kita layani. Jadi di RSMN bisa dan menyediakan pelayanan rapid test sesuai permintaan pasien itu sendiri, nanti yang bersangkutan bayar sendiri,” ucapnya Tri Susandhi.

Namun, meski akan memberikan layanan rapid test mandiri, tidak semua orang yang mengajukan rapid test mandiri akan dilayani, karena stok alat rapid test yang sedikit.

RSMN akan melihat tingkat urgensi dan keluhan yang dirasakan pasien. Namun,  menurutnya, jika memang warga tergolong beresiko, seperti memiliki riwayat perjalanan luar kota, maka ia menyarankan sebaiknya untuk melapor kepada puskesmas setempat dan tim satgas setempat.

“Baik rapid test maupun swab untuk mendapatkan bahannya tidak mudah, jadi kami juga mempertimbangkan tingkat urgensinnya. Jika memang memiliki riwayat perjalanan antarkota lebih baik melapor ke puskesmas saja, agar nanti ditindaklanjuti ke satgas dan dinkes,” imbuhnya. (ali/bri/waw)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *