oleh

Job Fair Bukan Program Efektif Entaskan Pengangguran

Kabarmadura.id/Sumenep-Program job fair yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumenep sudah tidak efektif lagi. Namun anehnya, program tersebut masih tetap berencana dijalankan di tahun 2021.

Kasi Informasi dan Pasar Kerja Disnakertrans Sumenep Wiyono mengatakan, tahun ini program akan digelar kembali. Namun gagal terlaksana lantara anggaran direfocusing.

“Tahun 2019 digelar, itu hanya 24 perusahaan yang bekerjasama dengan kami. Tahun ini masih banyak perusahaan yang menanyakan kelanjutan program tersebut, tapi berhubung masa-masa tidak normal maka tetap ditiadakan,” terangnya.

Meskipun direncanakan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021 mendatang, masih banyak yang harus dievaluasi dari program job fair tersebut. Sebab dari jumlah 24 perusahaan yang bekerjasama, dinilai tidak sebanding dengan jumlah yang peserta yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Tahun lalu, program itu dilaksanakan dua kali. Namun, terhadap peserta yang mendaftar ke sejumlah perusahaan melalui program itu apakah diterima atau tidak, pihaknya tidak mengetahui. Sebab pihaknya mengaku tidak bisa mengontrol peserta tersebut.

“Kami tidak punya data itu, tapi yang pasti dari 24 perusahaan itu hanya menyerap sebagian kecil saja, yang daftar sekitar 2.000-an orang dan 24 perusahaan itu hanya membutuhkan 4 sampai 5 orang saja per perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi lV DPRD Sumenep Siti Hosna menyampaikan, pengentasan pengangguran itu bukan sesuatu yang mudah, sehingga dia berharap kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan oleh berbagai pihak.

“Ini butuh sinergitas bersama, dan secara mandiri terutama pemuda harus kreatif, jangan hanya bergantung, tapi buatlah lapangan pekerjaan sendiri,” paparnya. (ara/ong)

Komentar

News Feed