oleh

Juara Olimpiade Fisika Nasional, Wabup Sumenep Beri Akbar Penghargaan

Kabarmadura.id/Sumenep-Wakil Bupati (Wabup) Sumenep langsung terjun sendiri untuk menyampaikan apresiasi terhadap salah satu siswa SMAN 1 Sumenep yang berhasil meraih juara pertama olimpiade fisika tingkat nasional.

Melalui tahapan seleksi di level wilayah Jawa Timur, Akbar Maulana dengan latar belakang yang penuh dengan keterbatasan, mampu memaksimalkan ilmu yang didapat di sekolah dan ditambah belajar secara otodidak, siswa kelas lX d SMAN 1 Sumenep ini berhasil mencatatkan namanya di level nasional.

“Tidak ikut bimbel (bimbingan belajar), cuma ada bimsus (bimbingan khusus)  di sekolah, nah itu coba saya maksimalkan untuk berjuang untuk lulus seleksi, tuturnya, Selasa (4/2/2020).

Perjuangan Akbar dimulai di tahapan pertama pada Desember 2019 lalu. Kebetulan, seleksi tingkat Jawa Timur itu an dilaksanakan di Sumenep. Kemudian pada Minggu 2 Februari 2020, olimpiade dilaksanakan di Yogyakarta. Di tingkatb nasional itu,Akbar berhasil meraih juara satu.

Mendengar kabar tersebut, Wabup Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan bahwa kemampuan atau skill yang dimiliki oleh pelajar dan mampu dibuktikan dengan prestasi akademik, terlebih hingga level nasional, maka wajib mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

“Tadi malam saya mendengar informasi dari teman-teman, maka hari ini saya putuskan untuk datang ke rumah Akbar yang kebetulan juara 1 Fisika Nasional, maka untuk meningkatkan semangat dan menambah lebih tinggi prestasi maka kami support langsung,” katanya, saat diwawancarai di rumah Akbar.

 

Politisi PDIP itu juga menjelaskan, dukungan atau apresiasi yang dilakukannya, secara luas bertujuan sebagai penyulut semangat bagi pelajar yang lain yang kebetulan menempuh pendidikan di Kota Keris ini, agar juga termotivasi untuk mencatatkan namanya di kejuaraan apapun.

Menurutnya, ketika semangat pelajar berhasil dikobarkan, maka tidak ada alasan untuk  belajar lebih keras tampa mempedulikan latar belakang dan status ekonomi yang kebetulan masih rendah. Hal itu terbukti dari prestasi yang ditorehkan Akbar.

“Saya tersentuh dengan keberadaan Akbar ini, ayahnya sudah tiada, ibunya saat ini dalam keadaan sakit bahkan diamputasi kakinya, tetapi karena semangat perjuangannya dia berhasil juara, nah mental seperti ini yang harus disebarkan ke seluruh pelosok Sumenep ini,” imbuhnya.

Fauzi juga menyampaikan, pemerintah akan aktif manaburkan apresiasi bukan hanya terbatas ke pelajar, termasuk seluruh masyarakat Sumenep yang kebetulan menempuh pendidikan di luar Madura yang kedapatan berhasil berprestasi baik dibidang akademik maupun yang lainnya.

Sehingga dengan adanya apresiasi tersebut, termasuk dikeberhasilan kinerja pemerintah, guru, maupun elements lainnya, dia melanjutkan, pemerintah siap memberikan support meskipun jumlah nominalnya tidak terlalu besar, karena substansinya itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. (ara/waw)

 

 

 

 

Komentar

News Feed