Juli, Pemkab Pamekasan Gelontorkan Rp28,7 M untuk Iuran PBID

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOIRUL UMAM SYARIF) KESEHATAN; Peserta PBID kuras APBD Rp28,7 Miliar

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan dana Rp28,7 Miliar per bulan Juli 2020, untuk pembayaran iuran BPJS untuk 91,210 orang penduduk yang terdaftar pada penerima bantuan iuran daerah (PBID).

Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Bacaan Lainnya

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Achmad Marzuki, dana khusus PBID tersebut tidak terkena refocusing anggaran penanganan Covid-19.

“Untuk PBID tidak ada refocusing anggaran, sebab juga berkaitan dengan keterjaminan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, untuk kepesertaan, pihaknya hanya sebatas menerima data yang sudah terverifikasi di Dinas Sosial (Dinsos) terhadap keikutsertaan PBID.

“Kami hanya membayarkan anggaran yang sudah tersedia kepada pihak BPJS,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra mendesak agar kepesertaan PBID masyarakat bisa tersosialisasi dengan baik, agar layanan yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Selain itu, dia juga berharap untuk layanan kesehatan bisa semakin maksimal, walaupun PBID berada di level kelas III, perlu dilayani dengan baik, sehingga tidak ada pilih kasih dalam pelayanan kesehatan.

“Pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu perlu menjadi prioritas,” pungkasnya. (rul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *