Jumlah Dokter Puskesmas di Bangkalan Minim

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Keberadaan dokter di sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), dinilai kurang memenuhi syarat. Hal itu dibuktikan dengan yang dialami 22 puskesmas di seluruh Bangkalan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangakalan, yang memiliki empat dokter hanya dua puskesmas, yakni Puskesmas Tanjung Bumi dan Puskesmas Bangkalan. Sementara yang memiliki tiga dokter hanya tiga puskesmas, di antaranya Puskesmas Blega, Kamal dan Klampis. Sisanya hanya memiliki satu sampai dua dokter.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Evaluasi Disdik Bangkalan Aris Dwi Hariyanto mengatakan, idealnya perpuskesmas memiliki tiga dokter. Hal itu menyesuaikan dengan jumlah penduduk kecamatan.

“Tidak menentukan kalau hanya dua bukan berarti tidak ideal. Karena perbandingannya satu dokter berbanding dengan 20 ribu penduduk,” ujarnya.

Masalah tumpang tindihnya jabatan dokter, Aris tidak mempermasalahkan. Seperti dokter sekaligus menjadi kepala puskesmas. Dia memaklumi. Sebab pihak dinkes sudah sering mengajukan permohonan PNS kesehatan.

Aris mengatakan, imbas lambannya pelaksanaan rekrutmen CPNS menghambat terhadap pelayanan. Seperti penanganan medis yang membutuhkan profesi ahli.

“Tidak hanya PNS lain yang minim stok, pejabat kesehatan juga begitu,” pungkasnya. (rus/mam/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *