Jumlah Pendaftar PPDB SMPN di Pamekasan Tidak Mencapai Target Pagu

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PERLU INOVASI: Jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Pamekasan tidak mencapai target pagu.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan   mencatat jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) tahun 2021 tidak mencapai target pagu sebanyak 4.765 siswa. Tahun ini capaian hanya 2.646 siswa.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Pamekasan Ach. Rifa’i,  tidak tercapainya pagu pada jenjang pendidikan SMP salah satunya disebabkan banyaknya orangtua yang lebih memilih pondok pesantren (ponpes) untuk menyekolahkan anaknya daripada bersekolah di SMP.

Bacaan Lainnya

“Penduduknya sudah semakin berkurang, karena program KB sukses, selain juga banyak orangtua yang memondokkan anaknya,” paparnya, Selasa (27/7/2021).

Ia memaparkan, dari  34 SMPN, hanya satu sekolah yang pagunya terpenuhi; yakni SMPN 2 Pamekasan. Namun, secara keseluruhan masih tersisa 2.116  dari total pagu yang telah ditetapkan. Hal itu juga terjadi pada tahun 2020, minus 2.628 dari total 4.992 pagu yang telah ditetapkan.

“Intinya untuk PPDB tahun 2021, secara  umum kurang dari pagu yang ditetapkan. Yang mencapai pagu hanya di SMPN 2 Pamekasan,” ulasnya.

Ditegaskannya, adanya pembelajaran online sama sekali tidak mempengaruhi terhadap kegiatan PPDB. Termasuk tidak tercapainya pagu, sebab menurutnya, pada masa pelaksanaan PPDB bisa diadakan pembelajaran tatap muka.

“Kemarin waktu pelaksanaan PPDB memang PTM, baru setelah MPLS dilaksanakan daring. Kami tetap mengikuti edaran pemerintah pusat, namun secara keseluruhan adanya PPKM sangat berpengaruh,” ujarnya.

Kendati demikian, pada tahun mendatang, ia berkomitmen akan berinovasi agar target pagu SMPN bisa terpenuhi.

“Kami tetap optimis pada tahun berikutnya untuk bisa lebih optimal,” tukasnya. (rul/maf)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *