oleh

Jumlah Penderita HIV/AIDS di Pamekasan Semakin Mengkhawatirkan

Kabarmadura.id/Pamekasan-Keseriusan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, untuk memgantisipasi penyebaran penyakit Human Immunodeficiensy Virus (HIV) atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) perlu dioptimalkan.

Pasalnya, hingga saat ini masih saja terdapat warga yang terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus dan melemahkan sistem imun tubuh itu. Sesuai data dari Dinkes Pamekasan, selama 8 tahun ini, terdapat 45 warga Pamekasan meninggal karena terjangkit virus mematikan itu.

Data itu terhitung dari tahun 2012 hingga 2019 ini. Sedangkan data penderita atau warga yang terjangkit secara keseluruhan mencapai 115 warga, terhitung dari tahun 2017. Rinciannya, sebanyak 41 warga di tahun 2017, 33 warga tahun 2018 dan per November 2019 sebanyak 41 warga.

Meski demikian, Dinkes mengklaim sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

“Kami telah melakukan beberapa upaya agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit tersebut, termasuk dengan mengadakan berbagai sosisaliasi melalui beberapa puskesmas yang sudah tersebar di berbagai kecamatan,” ujar Sekretaris Dinkes Pamekasan, Ali Maksum, Selasa (3/12).

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan, kata Ali Maksum, berusaha menemukan penderita. Menurutnya jika memang tertular HIV/AIDS, maka pihak Dinkes berupaya untuk memberikan pengobatan. Setiap tahun, selalu ditemukan penderit baru.

Dia juga menjelaskan, secara medis memang tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut, namun pihaknya hanya mampu memberikan dan mengurangi rasa sakit serta tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.

“Bagaimaman dia mengurangi sakitnya, bagaimana supaya dia tidak menularkan kepada orang lain, hanya itu yang bisa kami lakukan,” jelasnya.

Sejauh ini wilayah yang paling banyak terjangkit HIV/AIDS yaitu Kecamatan Pamekasan. Salah satu penyebabnya, pergaulan di daerah tersebut lebih bebas.

“Mulai tahun 2012 kami record itu paling banyak di Kecamatan Pamekasan, kemudian berikutnya Kecamtan Proppo,” tuturnya. (rul/ito/waw)

 

Komentar

News Feed