Jumlah Penumpang Membludak, Dishub Sumenep Perketat Pengamanan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) KONSENTRASI: Para pemudik dari luar Madura tampak datang di Terminal Tipe A Area Wiraraja Sumenep kemarin, Selasa (4/5/2021)

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Menjelang tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 kedatangan penumpang di Terminal Area Wiraraja Sumenep semakin membludak. Kedatangan penumpang itu diyakini sebagain warga yang bekerja dari luar Madura yang saat ini sedang pulang kampung.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Area Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi mengatakan, para penumpang diyakini merupakan warga yang sedang mudik lebaran. Tercatat pemudik yang datang dari luar Madura saat ini dalam setiap harinya mencapai 500 penumpang yang tiba di terminal.

Bacaan Lainnya

“Dari sebelumnya ada peningkatan pemudik sehingga, butuh penganan yang ketat,” katanya, Selasa (4/5/2021)

Dikatakan, dari 500 orang tersebut terdiri dari penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) sebanyak 150 orang dan penumpang bus antar kota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 350 orang.

“Pada satu minggu sebelummya penumpang AKAP sebanyak 100 orang dalam setiap hari, dan untuk AKDP hampir sama dari saat ini yakni 350-an,” ujar dia.

Ditegaskannya, soal adanya Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 – 17 Mei 2021. Diakuinya perlu pengamanan yang ketat. Dimungkinkan ada yang melanggar.

“Tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19 setelah beberapa kali libur panjang. Maka saat ini butuh keamanan yang ketat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep Agustiono Sulasno menambahkan, peningkatan mudik atau yang datang ke terminal Sumenep mulai tampak bulan ini. Ia menghimbau harus berhati-hati pada saat melakukan perjalanan.

“Protokol kesehatan juga terus disosialisasikan, seperti wajib memakai masker bagi penumpang. Bagi penumpang tujuan Sumenep dan sebaliknya, diwajibkan membawa surat sehat,” pungkasnya. (imd/mam)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *