oleh

Jumlah Peserta PPPK Lulus Passing Grade Berubah Mendadak

Kabarmadura.id/SAMPANG-Sebelumnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang merilis pegawai ketegori II (K-II) yang lulus pada rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sesuai Passing grade berjumlah 436 Orang. Namun sekarang, jumlah K-2 yang memenuhi nilai ambang batas, tiba-tiba bertambah menjadi sebanyak 441 Orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSM Sampang Yuliadi Setiawan membenarkan adanya perubahan jumlah peserta K-II yang lulus Passing Grade PPPK. Jumlah yang dinyatakan lulus dan memenuhi nilai ambang batas itu, sesuai PermenPAN Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Nilai Ambang Batas Rekrutmen PPPK di berbagai daerah.

Menurut dia, berdasarkan hasil perhitungan manual yang dilakukan instansinya, jumlah K-II yang lulus passing grade PPPK hanya 436 dari total pendaftar 935 orang, namun di wabsite resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), merilis peserta yang lulus nilai ambang itu sebanyak 441 orang.

“Kami tetap mengacu pada website BKN yang merilis jumlah K-II yang memenuhi passing grade PPPK sebanyak 441 orang, karena hasil perhitungan manual hanya bersifat sementara untuk dilaporkan kepada pimpinan,”kata Yuliadi Setiawan kepada awak media.

Ia menjelaskan, peserta K-II di kota Bahari yang lulus passing grade tersebut, terdiri dari tenaga pengajar (guru) sebanyak 402 orang, tenaga kesehatan 12 orang, dan penyuluh pertanian 27 orang. Sehingga total peserta yang lulus menjadi 441 peserta.

“Data yang dirilis BKN pusat ini, sudah by sistem dan lebih akurat, sedangkan perhitungan manual hanya sebatas perhitungan cepat yang bersifat sementara,” kelitnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Wawan itu menegaskan, perbedaan jumlah peserta PPPK yang lulus passing grade itu, karena mekanisme atau cara dalam melakukan penghitungannya berbeda. Namun demikian, pihaknya mengklaim data yang diumumkan di website BKN itu, juga bersifat sementara karena belum ada surat pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat kepada BKPSDM Sampang.

“Jumlah 441 peserta yang lulus passing grade ini pun sebenarnya belum final, karena belum ada surat resmi dan formasi PPPK untuk Sampang,”jelasnya.

Sambung Wawan, untuk kepastian jumlah penerimaan PPPK di Sampang masih akan menggelar rapat koordinasi bersama tim dari pemerintah pusat. Hingga saat ini, pihaknya menunggu juklak dan juknis dari pusat. Mengingat instansinya hanya sebatas tim pelaksana teknis, sedangkan kewenangan dan kebijakan sepenuhnya melekat pada pemerintah pusat.

”Prinsipnya, kami masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat dan hasil rakor dengan  BKN pusat,” pungkas Wawan. (sub/waw)

Komentar

News Feed