Juni dan Juli 2021, Angka Kematian di Sampang Naik 85 Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENINGKAT: Jumlah kematian pasien Covid di Sampang meningkat hingga 85 persen.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Selama beberapa bulan terakhir di tahun 2021 ini, angka kematian di Sampang terus meningkat hingga 85 persen dari biasanya. Angka kematian tersebut terhitung sejak awal tahun 2021. Jumlahnya terus bertambah selama tiga bulan terakhir, terutama pada Mei, Juni hingga Juli 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang, Agus Mulyadi mengungkapkan, angka kematian naik signifikan sejak dua bulan terakhir, yakni pada Juni hingga pertengahan Juli 2021. Jumlahnya meningkat drastis sesuai data di Dinas Kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Dua bulan terakhir ini luar biasa meningkat jumlahnya. Dipastikan akan jauh lebih banyak dibanding tahun lalu,” katanya.

Diungkapkan bahwa angka kematian pada Juni dan Juli hampir 50 orang. Rata-rata yang meninggal belum divaksin. Jumlah kematian itu naik 85 persen dibanding bulan sebelumnya.

Menurutnya, dari data pasien Covid-19, sebagian besar belum ikut vaksinasi. Sehingga disinyalir mereka lebih mudah terpapar. Dengan begitu, pemerintah juga menekankan vaksinasi secara merata. Namun tetap tergantung kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

“Yang sudah divaksin juga ada yang sakit. Namun lebih sulit terpapar. Sebab kondisi badannya lebih kuat. Makanya, kami berharap masyarakat tidak mengabaikan vaksin, ” katanya.

Direktur RSUD dr. Zyn Sampang, Agus Akhmadi membenarkan hal itu. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa pasien Covid-19 juga banyak yang sembuh. Namun, pihaknya berharap masyarakat tetap melakukan antisipasi. Yakni dengan melakukan vaksinasi.

“Pencegahan itu lebih baik dari mengobati. Jika sudah divaksin makan tubuh lebih kuat. Sehingga tidak mudah terpapar Covid-19,” ujarnya. (man/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *