oleh

Jurnalis KM Biro Pamekasan Berikan Pelatihan

KABARMADURA.ID, Pamekasan- Jurnalis Kabar Madura (KM) biro Pamekasan, Khoyrul Umam Syarif ikut serta mendukung program menjadikan Kabupaten literasi dengan memberikan pelatihan jurnalistik kepada siswa dan siswi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatun Nasyiin Kadur, Senin (28/9/2020).

Kegiatan yang digelar oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Pondok Pesantren (Ponpes)Nahdlatun Nasyiin diawali dengan bedah buku, terampil berbicara dan menulis karangan Sihabuddin, yang muaranya akan menginspirasi para generasi penerus bangsa untuk bisa menulis dan berbicara dengan terampil.

Menurut Khoyrul Umam Syarif, untuk materi dasar tentang jurnalistik, dengan tujuan agar kaum muda bisa tergerak untuk menorehkan karya jurnalistiknya. “Kami sampaikan materi dasar jurnalistik, mula dari bagaimana membuat berita ringan, straight news, dan features,” ungkapnya saat diwawancarai usai pelatihan berlangsung.

Ia juga memaparkan, untuk menjadi seorang penulis perlu ketelatenan, mengasah potensi setiap hari, dengan trik suksesnya, harus membaca sesuai dengan passionnya. Seperti, seorang jurnalis politik pemerintahan harus banyak menguasai isu tentang politik.

Sehingga bisa menjabarkan narasi yang kemudian bisa diserap informasi oleh publik. “Menjadi seorang jurnalis harus banyak membaca referensi sesuai dengan isu berita yang akan diangkat kepada khalayak ramai,” paparnya.

Dengan adanya pelatihan kepenulisan yang mendatangkan 3 orang pemateri, Sihabuddin fokus pada kompetensi terampil bicara, Abdul Hamid tentang bagaimana menjadi penulis opini yang handal,  bisa memberikan stimulus kepada para siswa untuk mempunyai karya tulis yang suatu saat bisa menjadi karya best seller di Indonesia.

“Kami harapkan akan lahir kader literasi hebat masa depan,” harapnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed