Kabel Hilang, Pemadaman PJU di Bangkalan Berlanjut

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) AKBP Alith Alarino Kapolres Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan, mengincar pelaku pencurian kabel listrik penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Kembar Desa Bilaporah. Aksi tersebut,  dilakukan saat pemadaman pada masa penerapan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino mengatakan, upaya pemadaman PJU dan jalan umum di Bangkalan masih akan tetap dilakukan. Tujuannya, untuk menjaga agar kerumunan tidak lagi terjadi. “Yang kami lakukan ini kan untuk mengantisipasi agar warga tidak berkerumun,” ujarnya, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, meski daerah dengan slogan kota bahari menunjukkan zona kuning, warga harus waspada. Sedangkan untuk kebijakan melakukan pemberhentian jam malam, merupakan kewenangan bupati sebagai Ketua Satgas Covid-19. “Mengenai dinyalakan kembali ini, menunggu keputusan bupati,” ucapnya.

Pihaknya menjelaskan, pemadaman hanya dilakukan di area PJU jalan utama menuju wilayah kota. Sedangkan untuk penerangan jalan di sekitar kecamatan dan desa tidak dilakukan pemadaman. “Pemadaman ini di pusat kota, sedangkan di jalan yang masuk kampung tidak,” jelasnya.

Alith juga menegaskan, berkaitan dengan pencurian kabel PJU, akan terus mencari dan mengejar pelaku. Sebab, semua tindak kejahatan yang dilakukan di Bangkalan akan tetap diproses secara hukum. “Kalau melakukan kejahatan di Bangkalan ini, tentu kami tidak akan segan bertindak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Moawi Arifin mengatakan, kerugian yang dialami cukup besar, yakni sekitar Rp50 juta. Bahkan, tidak jauh berbeda dengan  belanja perbaikan yang akan direalisasikan. “Ini juga ujian bagi kami, di tengah dana yang sudah dikurangi, hingga kehilangan kabel,” paparnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *