oleh

Kabupaten Sampang Kekurangan Vaksin

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Pendistribusian vaksinasi Covid-19 tahap dua di Kabupaten Sampang jumlahnya 1.390 vial. Jumlah tersebut terbatas, sehingga tidak bisa memastikan batas akhir pelaksanaan. Akan tetapi, pelaksanaan vaksinasi hingga saat ini terus berjalan sesuai jadwal yang ditentukan berdasarkan data sasaran.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Sampang, Agus Mulyadi melalui Seksi Survim, Esti Utami mengaku, tidak bisa menentukan batas akhir pelaksanaan vaksinasi. Hanya saja, untuk pendistribusian vaksin tahap dua dari Pemerintah Provinsi ke Sampang jumlahnya 1.390 vial.

Jumlah tersebut, berdasarkan data sasaran masih kekurangan. Sebab, untuk data sasaran sementara kurang lebih 18 ribu. Sehingga, harus menyediakan 3.738 vial vaksin. “Sampai kapan kami tidak bisa memastikan, karena ketersedian vaksin terbatas. Kalau vaksin habis kami berhenti,” tuturnya, Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut, untuk melakukan pemerataan penyuntikan vaksin harus menunggu tambahan vaksin dari pemerintah provinsi maupun pusat. Sebab, vaksin tahap dua dengan jumlah 1.390 hanya mampu memenuhi vaksinasi 6.950 orang.

Selain itu, dalam pelaksanaan vaksin sementara ini tidak dipilah. Sebab, masih kekurangan. Sehingga, untuk guru dan pekerja lainnya penyuntikan bertahap, bergantung ketersedian vaksin saja. “Tunggu alokasi lagi. Dan vaksin ini dilakukan secara keseluruhan, jadi tidak ada pemilahan karena vaksinnya terbatas. Kalau datang kami mulai pelaksanaan lagi,” ujarnya.

Kendati demikian, ia menyampaikan satu vial vaksin bisa digunakan untuk 10 sasaran. Sehingga, untuk mencukupi 18 ribu sasaran harus menyediakan 3.738 vial. Sebab, vaksin terbatas maka dari semua pekerja publik sementara ini tidak semua dilakukan penyuntikan.

“Vaksin ini dilakukan dua kali, jadi dari jumlah vaksin yang dibutuhkan dibagi dua, untuk penyuntikan tahap berikutnya,” pungkasnya. (mal/ito)

Vaksin di Kabupaten Sampang Terbatas

  • Jumlah Vaksin Tahap II 1.390 Vial
  • 1 Vial Vaksin Bisa Digunakan Untuk 10 Orang
  • 390 Vial Vaksin Hanya Mampu Memenuhi 6.950 Orang
  • Jumlah Penduduk di Kabupaten Sampang 18 ribu Orang
  • Vaksin Yang Dibutuhkan 3.738 Vial

Komentar

News Feed