oleh

Kacabdin Sumenep Pastikan Semua Sekolah Gelar PTM

KABARMADURA.ID, Sumenep -Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Kabupaten Sumenep mulai tidak diberlakukan. Alasannya, peta penyebaran Covid-19 sudah mulai reda. Bahkan, tak satupun zona orange atau zona merah terdeteksi. Sehingga, penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilaksanakan.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jawa Timur (Jatim) wilayah Sumenep, Syamsul Arifin mengatakan, 10 Kecamatan yang sebelumnya melaksanakan PJJ saat ini sudah kembali normal. Bahkan sudah melaksanakan PTM.

“Sudah masuk zona kuning. Bhakan, ada yang hijau. Kecamatan Kota, Saronggi,Kalianget,Talango ,Manding, Bluto, Ambunten, Dungkek, Giligenting, dan Kecamatan Ra’as sudah PTM yang awalnya PJJ saat ini sudah PTM semua,” katanya, Minggu (08/11/2020).

Dia menjelaskan, hal tersebut bukan tanpa dasar. Namun, berdasarkan nota dinas nomor 900/1184/101.6.31/2020 tentang perluasan uji coba PTM langsung jenjang SMA/SMK/SLB di Sumenep. “Saat ini semua sekolah sudah PTM,” paparnya.

Dia menuturkan, penerapan perluasan uji coba PTM disesuaikan dengan zona yang ada. Menurutnya, jika zona kuning maka maksimal PTM 50 persen, dan hijau maka bisa langsung 100 persen, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Jika sewaktu-waktu zona di kecamatan berubah menjadi orange atau merah. Maka, secara otomatis dilakukan PJJ,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Abd. Kadir mengatakan, pada jenjang sekolah di bawah naungan Disdik baik SD/SMP dan lainnya sudah bisa menerapkan PTM. “Saat ini sudah masuk pada zona new normal pendidikan,” responnya.

Hal senada disampaikan Plt Kepala Seksi Pendidikan dan Madrasah (Pendma), Kemenag Sumenep,  Zainurrosi.  Menurutnya, seluruh Madrasah yang sudah masuk zona kuning ataupun hijau sedah bisa melaksanakan PTM.

“Semuanya, tergantung sekolah yang menerapkan PTM seperti apa yang penting tidak melabrak aturan yang ada,” tukasnya. (imd/ito)

 

Komentar

News Feed