oleh

Kades Bungbaruh Salurkan BLT DD, Komitmen Pembangunan Tetap Dilanjutkan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pemerintah Desa (Pemdes) Bungbaruh Kecamatan Kadur menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) kepada 243 penerima. Kegiatan yang dilakukan secara serentak itu, dilaksanakan di Balai Desa Bungbaruh, Selasa (12/4/2020).

Kepada Desa (Kades) Bungbaruh A. Fausi M mengatakan, pemberian bantuan jaring pengaman sosial (JPS) di tengah wabah Covid-19 itu, dilakukan sesuai arahan pemerintah pusat dalam proyeksi penggunaan DD.

“Pemberian BLT DD ini masing-masing senilai Rp600 ribu, sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam meringankan beban masyarakat desa, sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan haknya,” ungkapnya, Selasa (12/4/2020).

JPS BLT DD tersebut sudah terdistribusi kepada sejumlah masyarakat di 12 dusun di Desa Bungbaruh. Ppihaknya memproyeksikan pemberian bantuan itu selama 3 bulan ke depan, April hingga Juni. Bahkan untuk pencairan tahap kedua akan diupayakan penyalurannya sebelum hari raya Idulfitri, agar masyarkat bisa melengkapi kebutuhannya menjelang lebaran.

“Penyalurannya kami berikan selama 3 bulan, artinya masyarkat bisa menerima uang tunai sebesaar Rp1,8 juta dalam kurun waktu tiga bulan,” paparnya.

Dia juga menyampaikan, yang perlu jadi catatan masyarakat, BLT yang disalurkan tersebut diambil dari DD. Sebab, banyak asumsi di masyarkat bahwa bantuan ini merupakan dana khusus dalam penanganan Covid-19, padahal dananya dari refocusing anggaran dari 33 persen DD Desa Bungbaruh, meski yang disediakan adalah 35 persen.

“Barangkali yang perlu diurai dengan adanya Covid-19, sumber dana bantuannya, secara umum oleh masyarakat anggap ada dana khusus, sebenarnya ini kan diambilkan dari dana desa, artinya ini berdampak pada rencana program awal kami, karena harus dilakukan perubahan-perubahan,” paparnya.

Kendati demikian, sebagai seorang pemangku kebijakan tertinggi di tingkat desa, dirinya tetap berkomitmen untuk melaksanakan segala bentuk program pembangunan yang telah direncanakan dengan baik di awal, sesuai dengan keterdiaan anggaran yang telah disiapkan.

“Harapan kami semua program yang kita berikan kepada masyarakat baik itu yang dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan desa, betul-betul bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat, dalam artian pogram ini mampu mengurangi beban masyarakat utamanya yang terdampak Covid-19,”ujarnya.

Sementara itu, seorang warga Dusun Berjetih Dejeh Desa Bungbaruh, Marwiyah mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah Desa Bungbaruh, sebab dengan adanya bantuannya sudah bisa mengurangi beban ekonominya, apalagi di tengah bulan suci Ramadan, kebuthannya bisa sedikit tercukupi.

“Sakalangkong dek ka Pak klebun, ampon eparengeh bentuan, samoga’ah pak kelebun terus sehat tor bisah alaksanakan amanah se ampon eparcajeih masyarakat,” pungkas salah seorang penerima BLT DD itu. (rul/waw)

Komentar

News Feed