oleh

Kades Gunung Eleh Akhmad Muhtadin Lestarikan Desa Bersih Lawan Covid-19

Kabarmadura.id/Sampang/KEDUNGDUNG-Banyak cara bisa dilakukan seluruh elemen masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Cobid-19. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan seperti yang dilakukan oleh Kepala Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung, Sampang Akhmad Muhtadin.

Dengan menggandeng seluruh perangkat desa, badan pengawas deaa (BPD), karang taruna (Katar), badan usaha milik desa (BUMDes), relawan Covid-19 tingkat desa, petugas kesehatan Puskesmas Kedungdung, pendamping (PD), pendamping lokal desa (PLD), palang merah Indonesia (PMI), Babhinsa, serta anggota Polsek Kedungdung, Kades Akhmad Muhtadin menjalankan intruksi Bupati Sampang H. Slamet Junaidi untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlaj fasilitas umum, mulai masjid, musholla, lembaga pendidikan tingkat MI, SD, SMP/MTs, SMA/MA yang ada di Desa Gunung Eleh.

Kepala Desa Gunung Eleh Akhmad Muhtadin mengatakan, penyemprotan disinfektan di Desa Gunung Eleh sudah dilakukan selama 2 hari. Sasaran dari penyemprotan itu tidak lain adalah fasilitas umum yang selama ini sering dimanfaatkan oleh orang banyak.

Lanjut dia, kegiatan penyemprotan disinfektan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah desa, untuk menjaga lingkungan desa tetap bersih, serta untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Sampang, khsusunya di Desa Gunung Eleh.

“Kami lakukan penyemprotan di sejumlah fasilitas umum di Desa Gunung Eleh dari hari Jum’at sampai Sabtu. Penyemprotan disinfektan dilakukan secara merata,” ungkapnya, Minggu (12/4/2020).

Tidak hanya itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya mengaku juga rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

Bahkan tegas dia, selain melakukan soaialiasi dan penyemprotan disinfektan, pemerintah desa juga memberikan 3 ribu masker gratis kepada masyarakat di Desa Gunung Eleh.

“Untuk sekolahan dan tempat umum lainnya nanti akan diberikan tempat pencucian tangan, serta hand sanitizer,” imbuhnya.

Dirinya mengungkapkan, keseriusan Pemerintah Desa Gunung Eleh dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, juga harus didukung dengan peran aktif seluruh elemen masyarakat. Pihaknya berharap, setiap warga yang datang dari luar daerah maupun TKI, khususnya yang sudah dinyatakan sebagai zona merah, untuk melaporkan diri pada aparat desa.

“Saya berharap kesadaran masyarakat itu sendiri, dengan cara melaporkan diri saat ada orang datang dari luar. Bahkan nanti saat masker sudah dibagi, masyarakat memakainya jika hendak perjalanan, sesuai dengan imbauan pemerintah, ini demi keselamatan bersama,” tutupnya. (mal/pin).

Komentar

News Feed