oleh

Kades Mandangin Budayakan Gerakan Masyarakat Bermasker

Kabarmadura.id/Sampang-Kepala Desa (Kades) Pulah Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Saiful Anam, ikut andil dalam upaya pencegahan penularan wabah Covid-19 dengan membudayakan gerakan masyarakat bermasker di desa setempat.

Kepala Desa Mandangin Saiful Anam mengatakan, tim satgas dan relawan Covid-19, serta petugas kesehatan dan perangkat di wilayahnya, secara rutin mendatangi rumah-rumah warga untuk membagikan masker secara langsung. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di desa setempat.

Tidak hanya menggerakkan masyarakat untuk bermasker, sesuai dengan intruksi Bupati Sampang H. Slamet Junadi, pihaknya juga rutin mengkampanyekan pola hidup sehat dan lingkungan bersih demi menjaga Desa Mandangin tetap bebas dari penyebaran Covid-19 tersebut.

“Untuk mencegah Covid-19, kami juga siapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir, penyemprotan disinfektan yang rutin dilakukan. Kami juga buka posko khusus di Margalela untuk mengecek kesehatan masyarakat yang datang dari luar pulau,” ungkapnya, Kamis (23/4/2020).

Pihaknya mengungkapkan, sejauh ini sudah ada 10.250 masker yang dibagikan kepada 5.000 kepala keluarga (KK) di Pulau Mandangin. Dengan demikian, masing-masing KK akan menerima 2-3 masker gratis, sehingga saat masker dicuci, masyarakat memiliki masker cadangan untuk digunakan.

“Insya Allah nanti akan ada tahap kedua. Saat ini kami sudah memesan 6000 masker kain produksi UKM lokal untuk dibagikan kepada masyarakat yang belum menerima,” imbuhnya.

Saiful berharap, dengan pemberian ribuan masker tersebut, masyarakat Pulau Mandangin bisa tergugah untuk bersama-sama mencegah penularan Covid-19, demi mendukung Sampang tetap menjadi zona hijau sebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Mudah-mudahan masker ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan jika hendak keluar rumah terus dipakai,” pungkasnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed