oleh

Kades Pangarengan: Budidaya Perkutut Trah Tinggi

KABARMADURA.ID, Sampang – Banyak cara dilakukan kepala desa sebagai tokoh sentral untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Salah satunya seperti di Desa Pangarengan yang membudidaya burung perkutut dengan trah tinggi.

Kepala Desa Pangarengan Mochammad Aksan sejak dulu terkenal sebagai pemilik burung perkutut berkelas tinggi. Bahkan sering menjuarai lomba burung perkutut tingkat nasional dan asia. Terbukti dengan ketelatenan sang kades membuat burung perkututnya bisa  juara di tingkat nasional.

Sejak dua tahun terakhir, dia menularkan ilmunya kepada masyarakat. Dia mengajak warganya ikut budidaya burung perkutut trah dengan harga mahal. Warga dilatih, diberi bantuan sangkar dan burung.

Hingga saat ini sudah ada lima kelompok ternak dibantu melalui program desa. Sementara lima kelompok lainnya dilatih tanpa menggunakan anggaran desa.

“Alhamdulilah mereka banyak yang senang. Bisa beternak dan menjualnya dengan harga mahal karena saya suplai dengan burung mahal,” ungkap Mochammad Aksan.

Dikatakan, jika warga dilatih untuk merawat dan melatih burung dengan cara profesioanl. Hal itu ia tekankan agar harga jual bisa mahal. Terbukti, bukan hanya harga namun tidak sedikit warga Desa Pangarengan berhasil memenangkan lomba di tingkat lokal dan nasional.

“Kita melibatkan badan usaha milik desa (Bumdes) dalam program budidaya. Terbukti ekonomi mereka terbantu dengan beternak burung. Kita juga akan merealisasikan wisata garam, wisata laut dan wisata kuliner. Itu di luar program desa lainnya,” imbuhnya. (km54/mam)

 

 

Komentar

News Feed