oleh

Kades Peterongan Sukses Kelola Tanaman Porang

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Kepala Desa Galis Achmad Heriyanto berbeda dengan kepala desa pada umumnya. Selain aktif di pemerintahan ia juga selalu menyempatkan diri untuk berkebun di sekitar rumahnya. Terbukti ia sulap di pekarangan rumahnya dengan tanaman porang.

Disela-sela kesibukannya, ia juga menanam beberapa tanaman seperti pisang, jagung, cabai, dan tanaman lainnya.  Ia bercerita, awal mula ia gemar menanam tanaman porang, saat bertemu seseorang petani porang asal Madiun di tahun 2017. Sehingga sejak itu, ia mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk berbagai macam tanaman.

Hingga saat ini,  ia mengakui masih bertanam dan sukses menjualnya langsung ke salah satu pembelinya di Sidoarjo dan Madiun.  Dari hasil penjualan tanaman porangnya itu bisa membeli sejumlah barang, termasuk kendaraan roda empat yang saat ini ia gunakan.

“Salah satunya itu mobil yang saya pakai ke lahan hasil dari jual porang,” terang Kades Heri, Minggu (8/11/2020).

Diakuinya, tidak hanya sibuk menanam tanaman itu saja. Bahkan ia memiliki peternakan ayam bertelur yang berada di samping rumahnya.

“Usaha ayam bertelur juga saya jalani, nanti kotorannya bisa saya fermentasi untuk pupuk porang,” ucapnya.

Sementara itu, tentunya ia siap memberikan edukasi kepada warga atau orang yang ingin belajar lebih banyak tentang tanaman porang.

“Kalau ada yang ingin tahu saya siap berbagi ilmunya, karena kalau tidak berbagi sekarang kapan lagi,” ujarnya.

Diketahui, tanaman porang ditanam pada musim penghujan dan untuk panen biasanya satu atau dua musim, setiap musimnya enam bulan. (km56/mam)

 

 

Komentar

News Feed