Kadinsos Pamekasan Tak Ragu Cicipi Menu Makanan Simpati Lansia, Pastikan Sehat dan Bergizi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) SEHAT BERGIZI: Kadinsos Pamekasan Mochammad Tarsun menyerahkan rantang makanan Simpati Lansia kepada volunteer.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan terus melanjutkan program Simpati Lansia yang diluncurkan pada Selasa (15/6/2021) lalu. Bahkan, Kepala Dinsos Pamekasan Mochammad Tarsun datang langsung meninjau dapur Simpati Lansia di Desa Laden Kecamatan Pamekasan, Kamis (5/8/2021).

Pihaknya datang langsung meninjau kondisi dapur Simpati Lansia dan memastikan konsistensi kualitas menu makanan Simpati Lansia. Karena sejatinya, dirinya sudah tahu bahkan sudah pernah menyicipi menu makanan Simpati Lansia. Hasil yang didapatkan cukup memuaskan. Bahkan, cita rasanya lebih enak dibanding sebelumnya.

“Ini malah lebih enak dari yang saya cicipi saat launching dulu. Saya ini sudah tergolong lansia, jadi tahu selera makan lansia,” ucapnya.

Dia tidak ingin menu makanan yang diberikan kepada 400 lanjut usia (lansia) tidak sesuai dengan standar kesehatan. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan untuk memastikan menu makanan Simpati Lansia berprotein, bergizi dan baik untuk lansia. Tarsun pun kembali menyicipi menu Simpati Lansia yang telah disajikan di rantang.

Simpati Lansia ini merupakan program bantuan makanan siap saji yang diberikan kepada 400 lansia di 13 kecamatan di Pamekasan. Kepedulian pemerintah terhadap lansia benar dibuktikan dengan anggaran yang disediakan sebesar Rp3,3 miliar. Dari anggaran tersebut, Rp2,8 miliar untuk pengadaan makanan dan minuman (mamin).

Pihaknya bekerja sama dengan Pengurus Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan untuk mendistribusikan mamin tersebut. 25 orang pengurus Fatayat mendistribusikan mamin dua kali sehari ke seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) Simpati Lansia. Di setiap kecamatan ada satu orang pendamping dari dinsos.

“Ini bentuk kehadiran Pemkab Pamekasan dalam program perlindungan lansia,” pungkasnya.

Tim Monitoring Dinkes Pamekasan Anis Faizah mengatakan, pemenuhan gizi lansia di dapur Simpati Lansia sudah bagus dan menu makanan yang disajikan untuk seluruh KPM telah sesuai dengan standar kesehatan. Pihaknya berharap, kualitas mamin terus ditingkatkan, agar kesehatan lansia juga semakin terjamin.

“Menunya sudah bagus. Teksturnya memenuhi syarat. Mungkin nanti kita perlu screening lagi, jadi menunya disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing KPM,” ujarnya. (ali/waw*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *