Kado HPN 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan; Proses Klaim JHT Cukup KTP dan Kartu Peserta!


Kado HPN 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan; Proses Klaim JHT Cukup KTP dan Kartu Peserta!
(KHOYRUL UMAM SYARIF FOR KM.ID) OPTIMIS: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan Fitri Dwi Bhakti Indra Fitriawan menyerahkah bingkisan untuk peserta baru di kantornya, Senin (5/9/2022).

KM.ID | PAMEKASAN -- Pada Peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2022, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan layanan istimewa dengan mengumumkan aturan-aturan terbaru.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan, Dwi Bhakti Indra Fitriawan menyampaikan, syarat-syarat pengurusan BPJS tahun ini telah disederhanakan dan tidak akan membebani peserta ke depannya.

"Salah satu aturan yang dipermudah adalah pengajuan jaminan hari tua yang hanya melampirkan KTP dan kartu kepesertaan BPJS saja," katanya, Senin (5/9/2022).

Sebelumnya kata Indra, peserta BPJS harus melampirkan kartu peserta BPJS, KTP, KK, dan surat keterangan berhenti bekerja serta buku tabungan. Namun, semua itu sudah disederhanakan.

Indra juga menerangkan tiga cara klaim JHT secara cepat. "Pertama, datang langsung ke Kantor BPJS, kedua melalui sistem online dan ketiga, melalui aplikasi Jamsostek Mobile," paparnya.

Tiga cara klaim ini, lanjut Indra, bertujuan untuk memudahkan peserta mengurus JHT dan tidak perlu ribet sebab syaratnya juga sudah disederhanakan.

"Kami berharap, pekerja yang mengalami risiko bisa langsung mendapatkan jaminan untuk menghadapi risiko sosial tersebut, seperti kehilangan pekerjaan bisa untuk menyambung hidup, kecelakaan kerja dan lain sebagainya," pungkasnya.

Pada HPN 2022 ini BPJS Ketenagakerjaan memilih tema, "Pulih Bersama, Bekerja Indonesia". Tema itu diangkat sebagai motivasi kepada pekerja Indonesia agar cepat pulih dan bisa bekerja lebih tekun.

Reporter: M.Arif

Redaktur: Ongky Arista UA