Kafilah Pamekasan Cabang MFQ Berhasil Tembus Semifinal

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SULE SULAIMAN) KETAT: Saat wakil Pamekasan (kiri) berkompetisi di cabang Musabaqah Fahmill Qur’an MTQ XXIX Jatim, di Gedung Pemuda Pamekasan, Minggu (7/11/2021).

PAMEKASAN-Hampir semua cabang lomba di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Jawa Timur ke-29 (MTQ Jatim XXIX) telah melewati babak penyisihan. Salah satunya yaitu cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), yaitu jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan titik keilmuan dan pemahaman kandungan ayat Al-Qur’an dalam bentuk cerdas cermat.

Cabang lomba yang diikuti oleh peserta beregu tersebut terbagi menjadi dua kategori, yakni putra dan putri. Di babak penyisihan diikuti oleh 24 regu putra dan 25 regu putri.  Namun, kini tersisa 8 regu yang masing-masing dipastikan lolos ke babak semifinal. Hasil tersebut didapatkan dari babak penyisihan yang berlangsung selama tiga hari.

Bacaan Lainnya

Di antara tim yang lolos ke semifinal, termasuk di dalamnya tim putra-putri Pamekasan. Tim putra yang diketuai oleh Syaifur Rahman itu berhasil meraih poin tertinggi saat bersaing dengan tim asal Kabupaten Tulungagung dan Kota Surabaya di babak penyisihan, Sabtu (6/11/2021). Sedangkan, tim putri Pamekasan berhasil mengungguli Kabupaten Ngawi, Minggu (7/11/2021).

Senentara itu, pendamping kafilah Pamekasan di cabang MFQ, M. Salim mengungkapkan, raihan tersebut berkat kerja keras yang dilakukan anak asuhnya. Pihaknya mengaku mempersiapkan dengan matang agar mencapai hasil sesuai ekspektasi, apalagi berstatus sebagai tuan rumah.

“Hasil ini patut disyukuri, namun tidak perlu terlalu bangga. Perjalanan masih sampai di semifinal, fokus terdekat kami bisa lolos ke final terdahulu dan ending-nya nanti harapannya bisa keluar menjadi juara pertama,” jelas M. Salim saat ditemui usai babak penyisihan hari terakhir, Minggu (7/11/2021).

Pria yang kini aktif sebagai guru SDN Larangan Slampar 1 Pamekasan itu menyebutkan, dalam menghadapi  persaingan di babak semifinal, selain pendalaman materi harus ditingkatkan, mental peserta juga perlu dipersiapkan dengan baik.

Update materi terus kami lakukan kepada anak-anak, agar mereka tidak ketinggalan. Namun yang lebih penting pula mental dari anak-anak. Apalagi menghadapi babak selanjutnya yang persaingannya akan lebih ketat lagi,” tambah pendamping yang sudah merasakan atmosfer ajang MTQ sejak tahun 1985 silam tersebut.

Menurut Dewan Hakim yang bertugas di cabang MFQ, Saeful Jazil mengatakan, cabang lomba yang berbentuk cerdas cermat ini selalu menjadi jenis lomba yang menarik perhatian, seru, dan berlangsung ketat dalam setiap gelaran MTQ. Sebab, peserta dituntut mampu menguasai materi dengan baik, cerdas, dan beradu cepat dalam menjawab soal untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

“Cabang ini memang terbuka dan pasti berjalan seru. Penilaian terbuka, jadi dewan hakim harus hati-hati dalam menilai, tidak seperti di venue lain yang nilai ada di tangan dewan hakim masing-masing, semua tidak bisa lihat kalau tidak ditayangkan. Di venue lain, penilaiannya berdasarkan rasa, enak menurut satu orang dewan hakim belum tentu enak menurut lainnya. Tapi kalau di sini (cabang MFQ.red) beda, jawabannya sudah jelas semua, dan bisa dikoreksi bersama-sama,” tutur pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Timur itu.

Untuk peserta yang lolos ke babak berikutnya, dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya itu berpesan agar di samping melakukan belajar dan usaha yang maksimal, harus dibarengi dengan doa.

“Persaingannya sangat ketat, rata-rata hafal Al-Qur’an. Jadi peserta harus lebih keras lagi berusaha dan tidak lupa berdoa, karena yang menentukan semuanya adalah Allah, semua sudah ada takdirnya,” tegas pria kelahiran Lamongan, 12  Desember 1969 itu.

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Daftar kabupaten/kota yang lolos ke babak semifinal cabang Musabaqah Fahmil Qur’an MTQ XXIX Jatim

Kategori Putra

  1. Kabupaten Tuban
  2. Kabupaten Jember
  3. Kabupaten Banyuwangi
  4. Kabupaten Pamekasan
  5. Kota Batu
  6. Kota Blitar
  7. Kabupaten Lumajang
  8. Kabupaten Sumenep
  9. Kabupaten Lamongan
  10. Kabupaten Sampang
  11. Kabupaten Jombang
  12. Kabupaten Blitar

 

Kategori Putri

  1. Kabupaten Jombang
  2. Kabupaten Pasuruan
  3. Kabupaten Gresik
  4. Kabupaten Tuban
  5. Kabupaten Sidoarjo
  6. Kabupaten Jember
  7. Kabupaten Pamekasan
  8. Kabupaten Lamongan
  9. Kabupaten Tulungagung
  10. Kabupaten Banyuwangi
  11. Kabupaten Bangkalan
  12. Kabupaten Malang

Sumber Data: www.musabaqah.id

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *