oleh

Kalian dan Kebijakan Publik

 

Peresensi : dina oktavia sari

Universitas islam malang

Kabarmadura.id –Menjadi penting untuk dipelajari dan dikembangkan secara praktis maupun akademis sebagai bagian dari pengembangan ilmu administrasi publik. Secara langsung ataupun tidak langsung kebijakan publik yang ada membutuhkan sebuah reformasi yang mengantarkan pada kebijakan publik yang lebih baik, berkualitas, dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Penuangan ide dan gagasan ke dalam bentuk buku memberikan implikasi yang baik bagi keberlanjutan dan inovasi kebijakan publik di Indonesia. Kebijakan publik bersifat dinamis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapat menyelesaikan persoalan yang timbul dalam kehidupan masyarakat. Padahal secara prinsip, masyarakat mempunyai peran yang sama dengan pemerintah untuk meningkatkan program kerja atau kebijakan yang telah dilakukan melalui partisipasi aktif dengan ikut serta membangun dan menjalankan kebijakan tersebut.

Oleh karena itu, buku kebijakan publik: evaluasi, reformasi, dan formulasi ini memberikan gambaran secara global tentang teori dan konsep yang dibangun dalam rangka mengembangkan dan mengoptimalkan kebijakan publik mulai dari formulasi, implementasi, evaluasi, dan reformasi dalam kebijakan publik.

Di sisi lain, buku ini juga mengkaji tentang reformasi birokrasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses manajemen pelayanan publik. Pelayanan publik dan good governance juga merupakan bagian dari kebijakan publik, sehinggan perlu dibahas dalam buku ini sebagai bagaian dari kajian yang dimaksud untuk membangun sebuah kajian teori yang mudah dipahami dan mudah diaplikasikan. Menjadi rekomendasi bagi para akademis, tenaga pengajar maupun mahasiswa untuk dipelajari dan diterapkan dalam sektor publik.

Buku ini memberi inspirasi bagi khayalak ramai seperti akademisi dan praktisi untuk mengamati, mengalisis, dan menuliskannya sebagai bagian dari kebutuhan pemerintah dalam melakukan proses kebijakan publik untuk mencapai tujuan tatanan pemerintah yang baik. Prosesnya bisa saja diawali dari sebuah problematika yang muncul di masyarakat sebagai sebuah upaya rekayasa sosial, atau bisa saja melalui terobosan-terobosan dari pemerintah selaku aktor penyelenggara negara untuk memberikan kemudahan dan kemaslahatan bagi masyarakat.

Oleh karena kebijakan publik menjadi starting point dalam penyelenggaraan pemerintah, maka ia harus menghasilkan output program yang baik. Hadirnya buku ini sebetulnya hendak disiapkan untuk memberikan pemahaman secara konseptual proses administrasif yang adil di dalam masing-masinng tahapan kebijakan publik terutama pada aspek tahapan evaluasi, reformasi, dan formulasi.

Kebijakan publik adalah keputusan-keputusan yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kewenangan dalam pemerintah, baik bersifat formal maupun informal. Kebijakan publik pastinya diikuti oleh reformasi yang melekat dalam aspek-aspek kebijakan publik. Setiap kebijakan tidak berdiri sendiri dan merupakan kontunuitas dari kebijakan yang pernah ada, sebagai rangkaian yang tidak dapat dipisahkan untuk menemukan pola yang relevan dan baik bagi kepentingan masyarakat.

Dari hasil evaluasi kebijakan, akan dapat rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan pada tahun berikutnya. Reformasi kebijakan melekat dalam proses kebijakan publik. Di samping itu, formulasi juga dilakukan dengan berbagai kajian secara ilmiah untuk mengetahui aspek kemanfaatan dan kemudharatan suatu kebijakan. Konsep reformasi kebijakan berimplikasi kepada reformasi birokrasi dan reformasiadministrasi.(*)

Judul buku: kebijakan publik (evaluasi, reformasi, formulasi)

Penulis: Hayat, S.A.P., M.Si.

Penerbit: instrans Publishing

Ukuran: 15,5cm x 23cm

Jumlah halaman:  a  + 134

Komentar

News Feed