oleh

Kampus dan Sekolah Akan Jadi Venue Lomba MTQ ke-29

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan kini tengah mempersiapkan pelaksanaan pagelaran bergengsi di tingkat Provinsi Jawa Timur, yaitu lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 yang akan diselenggarakan di Bumi Gerbang Salam.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Halifaturrahman menuturkan, pelaksanaan lomba MTQ ke-29 di Pamekasan akan dilaksanakan pada 26 Oktober hingga tanggal 3 November 2021.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh kurang lebih 3 ribu kafilah dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Menyambut pagelaran tersebut, pihaknya mengaku siap dari semua aspek, termasuk dari segi penginapan. Bahkan, 12 hotel di Pamekasan dengan jumlah 543 kamar telah disediakan.

Namun jumlah tersebut masih kurang. Karenanya, pihaknya juga menginventarisir sejumlah losmen, rumah kos, atau penginapan representatif lainnya di Pamekasan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola hotel untuk menyiapkan sarana prasarana.

“Agar tamu-tamu kita itu tidak kecewa. Itu dampaknya juga kepada pemilik usaha hotel juga,” ucap pria yang akrab dipanggil Mamang itu.

Pada pelaksanaan nanti, sejumlah lokasi akan dijadikan venue. Bahkan direncanakan akan ditempatkan di sekolah dan perguruan tinggi. Antara lain, di aula dan masjid Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, serta aula dan masjid Universitas Madura (Unira) Pamekasan.

Selain itu, aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pamekasan, aula SMKN 2 dan aula SMKN 3 Pamekasan dan aula Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bugih 1 Pamekasan juga akan menjadi lokasi perlombaan. Selain kampus dan sekolah, sejumlah tempat lainnya itu di Masjid Agung As-Syuhada, gedung Pemuda, aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan.

Pembukaan dan penutupan pelaksanaan lomba itu direncanakan di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP). Namun, sebagai antisipasi, jika SGMRP tidak memungkinkan, maka akan dilaksanakan di halaman gedung badan koordinasi wilayah (Bakorwil) Jatim Pamekasan.

Sementara itu, khusus kafilah Pamekasan, pihaknya menjanjikan hadiah umroh bagi setiap juara satu pada setiap cabang dan golongan lomba. Secara umum, pihaknya menargetkan Kabupaten Pamekasan menjadi juara umum pada lomba MTQ ke-29 tingkat Provinsi Jatim 2021.

“Tentu profesionalitas tetap kami junjung tinggi. Dewan juri dalam lomba ini dari panitia provinsi,” tutupnya. (ali)

 

Komentar

News Feed