Kanreg BKN II Surabaya: Inovasi Aplikasi Sumenep Harus Menjadi Percontohan Daerah Lain

  • Whatsapp
(FOTO: HUMAS FOR KM) TERBAIK: Kanreg BKN II Surabaya memberikan apresiasi serta mendukung penuh atas peluncuran aplikasi oleh Bupati Sumenep.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Apresiasi terhadap kerja Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Wakil Bupati Dewi Khalifah terus mengalir. Kali ini dari Kepala Kantor Regional (Kanreg) II Badan Kepegawaian Negara BKN Surabaya Heru Purwaka. Ia mengapresiasi atas terselenggaranya launching aplikasi penunjang kinerja aparatur sipil negara (ASN).

Apresiasi itu disampaikan saat sambutan secara virtual dalam acara launching aplikasi di Kantor Kecamatan Lenteng. Senin (28/6/2021). Secara terang-terangan mengucapkan Sumenep dengan inovasi perkembangan layanan layak menjadi percontohan untuk daerah lain dalam skala nasional.

Bacaan Lainnya

Menurut Heru Purwaka, menunjang kinerja ASN dengan memaksimalkan sumber daya manusia (SDM), merupakan potensi untuk pengembangan dalam menghasilkan kinerja yang optimal. Apalagi, lanjut dia,  di kabupaten yang berjuluk Kuda Terbang ini letak geografisnya sangat berbeda dengan empat kabupaten di Madura. Yakni,  ada puluhan bahkan ratusan pulau yang harus dilayani.

“Sekitar 8 ribu pegawai negeri sipil (PNS) yang akan membantu mengelola dengan berbagai tantangan tentunya membutuhkan strategi yang tepat, dengan lahirnya beberapa aplikasi ini Sumenep layak diacungi dua jempol,” ucapnya.

Dengan adanya aplikasi yang sudah disosialisasikan dan sudah di-launching itu, tentu kinerja akan menjadi lebih baik. Apalagi dalam aplikasi itu, ASN salah satunya dapat mengajukan kenaikan pangkat tanpa harus mendatangi kantor, cukup lewat aplikasi yang sudah dibuat.

Apalagi dalam masa wabah Covid-19 seperti saat ini, tatap muka diminimalkan namun kinerja tetap dimaksimalkan. Lahirnya aplikasi itu juga dapat menghindari adanya pungutan liar (pungli) yang selama ini menjadi kabar di tengah-tengah masyarakat.

“Terus diinovasikan terus dikembangkan itu merupakan harapan kami, sebab dengan demikian jika bisa dilakukan secara online bebas dari amplop. Dan ini menjadi percontohan bagi daerah lain,” imbuhnya.

Dia berharap seluruh PNS berlomba-lomba dalam menyajikan pelayanan terbaik, baik di internal pemerintahan maupun eksternal. Transformasi memang terus diperlukan, apalagi adanya aplikasi tersebut sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

“Salut dan kagum untuk pemerintahan Sumenep, semoga terus maju dan berkembang, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat, ” (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *