oleh

Karang Taruna Desa Polagan Rutin Kembangkan SDM Pemuda

Kabarmadura.id/SAMPANG-Ditengah wabah Covid-19 ini, Karang Taruna (Katar) Kelurahan Polagan,  Sampang tetapmenjalankan kegiatan yang telah direncanakan, salah satunya dalam hal peningkatan sumber daya manusia (SDM) pemuda, termasuk juga kualitas pengurus karang taruna (katar) itu sendiri.

Salah satu program yang sudah disusun adalah memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya mencegah penyebaran Covid-19. Katar Polagan juga rutin melakukan penyemprotan berupa desinfektan dan bagi-bagi masker dan handsanitizer terhadap masyarakat.

Sedangkan untuk meningkatkan SDM masyarakat dan pengurus katar itu sendiri, sering diadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pemuda. Selain itu, juga ada  kegiatan berupa bakti sosia (baksos), kerja bakti bersih-bersih lingkungan, menyalurkan bantuan untuk anak yatim dan warga miskin.

 

Ketua Karang Taruna (Katar) Kelurahan Polagen Moh. Syafiel Anam mengatakan, menyikapi adanya wabah Covid-19 ini, pihaknya mengaku sering turun lapangan (turlap) untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan penularan wabah Covid-19.

Bahkan, sebelum adanya wabah Covid-19, sering melakukan pelatihan untuk para pemuda-pemudi, termasuk juga untuk para masyarakat. Hal itu tidak lain untuk meningkatkan SDM masyarakat itu sendiri.

Setelah diberi amanat menjadi ketua Katar Polagan periode 2019-2022, pemuda kelahiran Sampang yang akrab disapa Anam itu berkomitmen menciptakan generasi-generasi bangsa yang berkualitas.

Menurutnya, meski wilayahnya masuk di perkotaan, tidak menjadi jaminan untuk pemuda disekitarnya bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat, utamanya terkait pencegahan penularan Covid-19. Dengan rutin mengedukasi pemuda, mereka diharapkan dengan mudah menyampaikan kepada masyarakat.

“Programnya ya semacam pelatihan kepenulisan, lomba-lomba untuk meningkatkan SDM, terpenting bagi kami yaitu membantu kebutuhan masyarakat seperti mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan lain sebagainya, dan memberikan pemahaman terkait penyebaran Covid-19,” ungkapnya, Minggu (28/6/2020). (mal/bri/waw)

 

Komentar

News Feed