Karena Inkonsistensi, 11 OPD Pemkab Pamekasan hanya Raih SAKIP BB

News104 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Hasil penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (SAKIP) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan masih BB. Terdapat 11 organisasi perangkat daerah (OPD) yang memperoleh nilai BB tersebut. 

Salah satu penyebab belum meraih nilai maksimal karena terjadi inkonsistensi dari semua dokumen perencanaan dengan implementasi prioritas kegiatan. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektorat Pamekasan Nurul Widiastuti mengatakan, untuk mendorong hasil penilaian SAKIP tahun 2023 menjadi lebih baik, akan dilakukan evaluasi berkala terhadap 11 OPD tersebut.

Evaluasi akan diutamakan pada empat indikator yang menjadi dasar penilaian. Empat indikator tersebut adalah perencanaan kegiatan dari setiap OPD, pengukuran kinerja masing-masing OPD, pelaporan hasil realisasi kegiatan, dan pengawasan internal dari kepala OPD terhadap pelaksanaan program.

Baca Juga:  PBB P2 di Pamekasan Sering Terbayarkan Akhir Tahun

Pelaksanaan evaluasi akan dilakukan secara berkala, agar tujuan untuk pembangunan sesiao demham yang tertuang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana strategis (renstra) bisa terlaksana.

“Secara teknis temen-temen auditor yang melakukan penilaian terhadap berbagai indicator SAKIP,” paparnya, Senin (19/6/2023).

Secara terperinci; pada tahun 2021, terdapat 29 OPD dari 42 OPD mendapatkan nilai A, sedangkan 13 OPD lainnya mendapatkan nilai BB. Pada tahun 2022, dari 42 OPD terdapat 11 OPD yang memiliki nilai BB, sisanya 31 OPD mendapat nilai A. Sedangkan pada tahun 2023, hasilnya akan diketahui pada akhir tahun.

Baca Juga:  Meski Padat Aktivitas, Konsistensi Bawa Zahra Jadi Hafidz Cilik yang Berprestasi 

“Apabila OPD sudah mendapatkan nilai BB, sebenarnya penilaian secara dasar OPD tersebut sudah paham terkait dengan sakip, bagaimana melengkapi dokumennya,” paparnya.

Dia menegaskan, peningkatan nilai SAKIP yang diperlukan adalah komitmen dari setiap pimpinan OPD, agar setiap pelaksanaan kegiatan bisa terselesaikan dengan tuntas.

“Jadi jangan hanya pasrah kepada operator, tetapi penanggung jawab penyusunan SAKIP di setiap OPD harus benar-benar punya komitmen,” imbuhnya.

NILAI SAKIP PEMKAB PAMEKASAN

2021

42 OPD 

29 OPD mendapatkan nilai A

13 OPD mendapatkan nilai BB

2022

42 OPD

31 OPD mendapat nilai A

11 OPD mendapat nilai BB 

Sumber: Inspektorat Pamekasan

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *