oleh

Karena “Ulah” Guru, Siswa SD Sudah Terbitkan Buku

Kabarmadura.id/SUMENEP-Widayanti adalah salah satu guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) asal Sumenep yang pernah mendapatkan kesempatan diundang ke Tiongkok tahun 2019 dalam program perwakilan guru kreatif menulis.

Dia juga menjadi peserta terbaik diseminasi literasi nasional guru berprestasi tingkat SD yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2017.

“Yang sangat berkesan adalah saat saya diundang ke Tiongkok karena kreativitas menulis,” ucap alumni Ponpes Annuqayah tersebut.

Sejatinya, bukan hanya dua penghargaan tersebut yang didapatkan perempuan kelahiran 22 September 1986 tersebut.

Rangkaian penghargaan tersebut didapatkan oleh Widayanti, karena produktif dalam menulis buku. Bukan hanya dia, Widayanti juga seringkali melibatkan siswa-siswanya di sekolah dasar (SD) tempatnya mengajar untuk ikut berkarya. Tak kurang dari 50 buku sudah ditulis oleh Widayanti, baik karya sendiri maupun karya bersama-sama dengan siswanya.

Diantara buku-bku karyanya tersebut, dua di antaranya berjudul Desa Seribu Satu Pengemis, Diary Sang Guru. Ternyata, itu adlah buku bahan ajar yang dikemas dalam bentuk tematik dan yang lainnya.

“Yang terbaru berjudul Damar Kambang yang isinya adalah bahan ajar untuk siswa agar mudah memahami bahasa Madura. Nah pokoknya jangan sampai putus asa, dari pada galau lalu nongkrong mending menulis,” paparnya.

Produktivitas menulis perempuan yang lahir di Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan itu,diakui digagas sejak duduk di bangku SMP. Meski sempat mandek ketika fokus dengan tugas-tugas kuliah, nyatanya Widayanti bisa mengembangkan kembali insting menulisnya setelah menjadi ASN.

“Dua buku antologi juga sudah lahir dari anak-anak kelas dua dan tiga SD. Semangat itu saya yang menggerakkan. Dan tentunya saya tetap berharap agar kedepannya siswa siswa lebih tertarik lagi dalam menulis apalagi di Sumenep ini banyak yang sudah luar biasa dalam dunia kepenulisannya,” pungkasnya. (ara/bri/waw)

Komentar

News Feed