oleh

Kartika Rusnindita, Dosen UNIBA Madura yang Produktif

Suka Menulis sejak Menempuh Pendidikan Magister

Kabarmadura.id/Sumenep-Dosen Akuntansi di Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura kali ini cukup istimewa. Dia produktif. Kartika Rusnindita, namanya. pertama kali

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Kartika mengenyam pendidikan formal kali pertama di Sekolah Dasar Negeri Telang 02 Kamal, Bangkalan.

Setelah itu, perempuan kelahiran Tulung Agung, 1 Februari 1990 ini melanjutkan studinya ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Kamal, Bangkalan, sebelum belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bangkalan dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Setelah lusus dari bangku SMA, Kartika tetap tidak beranjak dari Kabupaten Bangkalan. Dia justru kuliah di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang berbasis di Bangkalan. Jurusan Ekonomi-Akuntansi ditempuhnya.

Baru setelah menyelesaikan pendidikan di Starta 1 (S1), dosen asal Jalan Telang Indah III/F6 Kamal, Bangkalan ini mengambil Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di Universitas Brawijaya (UB) Malang pada tahun 2012-2013.

Tidak cukup mengambil PPA, Dosen UNIBA Madura itu melanjutkan ke S2 di UB Malang dengan mengambil Magister Sains Akuntansi. Sejak itu pula, dia mulai belajar menulis.

Tak ayal, Kartika bisa menerbitkan artikel ilmiahnya di Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (JRAAM) yang berjudul Determinan Kualitas Sistem Pengendalian Internal, jelang lulus dari UB Malang pada tahun 2016.

“Awal belajar nulis itu dan mulai suka menulis, ya sejak saya S2 di UB Malang. Saya juga sudah menerbitkan artikel di JRAAM 2016,” ucapnya kepada Kabar Madura, Rabu (8/7/2020) pagi.

Pada Bulan Februari 2019, Kartika menjadi Dosen di UNIBA Madura. produktivitasnya kian berkembang. Dia kembali menghasilkan karya ilmiah yang berjudul Ratio Analysisof Evaluation Financial Performance Cooperative di Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST) 2019.

Setahun kemudian, Kartika menerbitkan di jurnal yang sama dengan judul artikel Analysis of SIZE, ROA, and GROWTH of Corporate Value; with VariableCapital Structure as Intervening.

“Selain nulis-nulis artikel untuk jurnal, saya juga punya buku yang diterbitkan di UNIBA Press. Judulnya: “Kupas Tuntas Perpajakan Indonesia”. Soalnya saya juga konsen dalam perpajakan,” sambungnya.

Sebelum menjadi dosen di UNIBA Madura, Kartika sudah pernah menjadi Staf Dosen Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Gresik dan Surabaya. Dia juga sempat Magang di Bank Jatim Cabang Bangkalan. (nam)

Komentar

News Feed