KASN Mulai Verifikasi 3 Calon Sekda Pamekasan

  • Whatsapp
KOSONG: Suasana ruang Sekretariat Kabupaten Pamekasan yang tampak lengang setelah kosongnya jabatan sekda definitif dalam setahun terakhir.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan  sejauh ini sudah mengahasilkan tiga nama yang lolos seleksi. Sayangnya, tiga nama itu sampai saat ini masih dirahasiakan dengan alasan menunggu hasil verifikasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menurut Anggota Pansel Sekda Pamekasan Andik Fadjar Tjahyono, menyampaikan berkas untuk tiga nama calon yang lolos seleksi itu, telah dikirim ke KASN, kemarin Kamis (4/7) yang diantarkan langusng oleh Pansel Sekda Pamekasan.

Mengenai target hasil dari verifikasi KASN, diharapkan bisa rampung berkisar satu sampai tujuh hari ke depan, sehingga sudah bisa diketahui hasilnya.

“Yang diverifikasi KASN adalah tentang persyaratan dan prosedur, apakah sesuai dengan aturan perundangan atau tidak, kami akan menunggunya,” ungkapnya.

Sebelumnya, penentuan sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Pamekasan sempat jadi sorotan legislator Pamekasan. Kendati keputusan berada di tangan bupati, namun sebelumnya, legislatif juga ingin dilibatkan.

Keterlibatan yang diharapkan adalah, perlunya digelar uji publik bagi tiga calon sekkab yang terpilih dari hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Pamekasan.

Wacana yang disampaikan Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail itu, dilatarbelakangi keinginan agar ada penilaian yang muncul dari masyarakat Pamekasan terhadap kelayakan tiga calon sekkab tersebut. Selain uji publik, Ismail juga mewacanakan dilakukan polling. Polling tersebut, yang dapat mengidentifikasi pendapat masyarakat mengenai kelayakan para calon sekda tersebut.

“Jika tiga calon sekkab sudah diputuskan, yang kemudian diserahkan kepada bupati, kami berharap 3 calon itu untuk dipublikasikan, kalau perlu ada semacam polling. Karena sekarang kan zamannya teknologi, jadi nantinya bisa dilihat respon masyarakat terhadap mereka, meskipun keputusan akhirnya ada di saudara bupati,” paparnya.

Dalam penjaringan seleksi sekda, pansel memutuskan 8 orang yang losos dari 9 yang mengikuti seleksi. Satu orang sudah gugur, karena tidak ikut assessment dengan alasan sakit, yakni Muharram yang menjabat kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP).

Sisanya, 8 nama yang mendaftar sebagai calon sekda itu yaitu, Kepala Dinas PUPR Pamekasan Totok Suhartono, Kepala BKD Pamekasan Taufikurrahman, Sekretaris DPRD Pamekasan Masrukin, Kepala DLH Pamekasan Amin Jabir, Kepala Disparbud Pamekasan Achmad Sjaifuddin, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Pamekasan Moh Alwi, Kepala Diskominfo Pamekasan Bahrun dan Kepala Dishub Pamekasan Ajib Syaifullah.

Seleksi ini dimulai dari tahapan pendaftaran yang berakhir pada 10 Juni, yang kedua seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan dengan tes kesehatan, lalu assessment yang dilakukan tim provinsi, yang kelima merupakan uji kompetensi bidang yang pada ujungnya menyaring tiga nama  untuk kemudian diverifikasi. (km47/waw)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *