Kasus Covid-19 Melandai, Tempat Wisata di Dibuka 25 Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) MENDAPATKAN KELONGGARAN: Sektor wisata dibuka 25 persen setelah Pamekasan masuk dalam kategori PPKM level 2.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Melandainya kasus Covid-19 di Pamekasan mulai berbuah manis. Sebab, kini kabupaten berjuluk Gerbang Salam ini turun level dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 ke level 2. Itu artinya, pembatasan mobilitas masyarakat tidak seketat sebelumnya. Pelonggaran juga terjadi di sektor pariwisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan Poni Indrayani mengatakan, sejak pemberlakuan PPKM level 2, Pamekasan telah diperbolehkan membuka sektor wisata. Namun, pembukaan wisata masih dibatasi 25 persen pengunjung dari total kapasitas penampungan pengunjung.

Hal itu berdasar pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang perpanjangan PPKM. Karena itu, pihaknya masih mengajukan surat kepada Sekretariat Daerah (Setda) Pamekasan untuk kemudian mendapat petunjuk mengenai teknis pembukaan destinasi wisata disesuaikan dengan Inmedagri.

“Jadi kami masih menunggu petunjuk dari sekda, baru nanti akan kita buka,” ucapnya.

Poni menambahkan, pihaknya akan memberlakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pembukaan tempat wisata nantinya. Pihaknya akan mendatangi pengelola tempat wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk mensosialisasikan skema penerapan pembukaan tempat wisata saat PPKM level 2.

“Dengan begitu, semoga bisa menambah sumber PAD di sektor pariwisata nanti,” tambahnaya.

Diungkapkannya, tempat wisata di Pamekasan selama ini ditutup total sebelum penerapan PPKM darurat. Berkisar empat bulan tempat wisata di Pamekasan ditutup. Selama ditutup, sesekali pihaknya memeriksa secara langsung ke lokasi wisata, untuk memastikan tidak ada kegiatan masyarakat di semua tempat wisata, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun milik swasta.

“Karena kami tidak ingin ada temuan oleh pihak kepolisian dan TNI,” pungkasnya. (ali/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *