Kasus Covid-19 Meningkat, Warga Sampang Khawatir Diswab

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) TERDAMPAK: Kondisi pengunjung di pasar mulai sepi, warga Sampang lebih memilih di rumah lantaran khawatir dilakukan pemeriksaan swab antigen.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Sampang, mengalami peningkatan drastis. Kondisi itu, diketahui dari hasil  peta sebaran di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Senin (21/6/2021).

Warga terinfeksi mencapai 1.030 orang. Sedangkan, di hari sebelumnya Minggu (20/6) jumlah kasus terinfeksi Covid-19 masih 1.013 orang. Peningkatan jumlah warga terinfeksi dalam sehari mencapai 17 orang terdampak.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut, mengakibatkan perubahan zona di 14 kecamatan. Yakni, awalnya hijau menjadi kuning. Bahkan, perekonomian masyarakat kembali terdampak. Salah satu indikasinya, pelaksanaan swab antigen yang dilakukan di beberapa titik jalan raya dan pasar.

Rifa (33) salah satu pedagang di Pasar Juklanteng Sampang mengaku, pengunjung pasar mulai mengalami penurunan dibandingkan sebelum adanya peningkatan kasus Covid-19. Menurutnya, pengunjung enggan keluar rumah lantaran khawatir dengan pemeriksaan swab antigen.

“Kondisi pasar sangat sepi, apalagi sekarang ini sudah beredar informasi tentang swab antigen. Jadi, mereka ketakutan,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang ikan di Pasar Srimangunan Siyeh (40). Pihaknya berharap, agar pemerintah mencarikan solusi terkait kondisi saat ini. Sebab, salah satu indikasi sepinya pasar akibat adanya informasi yang beredar tentang swab antigen.

“Saya mohon kepada pemerintah untuk juga difikirkam soal ekonominya, bukan hanya Covid-19 saja,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Sampang Agus Khusnul Yakin mengatakan, pelaksanaan swab antigen harus dilakukan sosialisasi secara gemblang terlebih dahulu kepada masyarakat. Sehingga, tidak terkesan pemaksaan.

“Saya harap pemerintah berikan pemahaman secara detail kepada masyarakat kenapa di swab. Jika, sudah dilakukan dan masyarakat tetap tidak mau di swab jangan dipaksa, toh ini juga demi keselamatan sendiri,” tuturnya. (mal/ito)

Peta Sebaran Covid-19 di Diskominfo

  • Minggu 20 Juni 2021, warga terinfeksi mencapai 1.013
  • Senin 21 Juni 2021, warga terinfeksi mencapai 1.030
  • Dalam sehari jumlah kasus meningkat 17 warga terinfeksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *