oleh

Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Bangkalan Meningkat 10 Persen

Kabarmadura.id/Bangkalan-Maraknya kasus kekerasan pada anak dan perempuan di Bangkalan masih tinggi. Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Bangkalan Amina Rachmawati. Menurutnya, setiap tahunnya selalu ada peningkatan yakni sebesar 10 persen.

“Iya, tiap tahun kekerasan pada anak dan perempuan ini selalu meningkat. Tidak signifikan sih, hanya sebesar 10 persen saja. Kenaikannya ini lamban,” katanya, Rabu (15/1/2020).

Kendati demikian, menurutnya, kasus kekerasan dan pelecehan pada perempuan dan anak ini di Bangkalan lebih kecil dibandingkan dengan daerah lain seperti Surabaya. Alasan pertama yang mendasari banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan pada anak dan perempuan di Bangkalan adalah karena adanya penggunaan gadget. Di mana orang tua tidak mengontrol adanya penggunaan alat elektronik ini.

“Gadget sekarang sangat memiliki pengaruh pada anak. Jadi, harus ada kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat mengenai kasus ini,” paparnya.

Sementara itu, kebanyakan kasus kekerasan dan pelecehan anak dan perempuan ini kebanyakan ada di daerah yang tidak terjangkau untuk sosialisasi.

Di tempat terpisah, Ketua Kopri PC PMII Bangkalan, Nur Hidayah menyampaikan, pihak Dinas KBP3A, Polres dan Dinsos sudah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bangkalan terutama keadilan dan kesejahteraan bagi perempuan dan anak.

“Kami harap ada sinergisitas dan perlu melihat lebih serius mengenai permasalahan ini. Agar tindakan kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Sedangkan data terakhir dari DKBP3A, jumlah kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak ada 26 kasus pada tahun 2019. Rinciannya, kekerasan fisik (KDRT) adalah 7 kasus, pemerkosaan pada anak 11 kasus, penelantaran pada perempuan 2 kasus, kekerasan fisik pada perempuan 3 kasus, pemerkosaan terhadap perempuan 1 kasus, dan pencabulan pada perempuan 2 kasus. (ina/pai)

Komentar

News Feed