Katar Tunas Harapan Desa Labuhan Kembangkan Paving Plastik

  • Whatsapp
(FOTO: KATAR TUNAS HARAPAN FOR KM) PRESTASI: Karang Taruna Tunas Harapan Desa Labuhan foto bersama komitmen meningkatkan kreativitas dan inovasi membangun desa.

KABARMADURA.ID | SAMPANG, SRESEH-Karang Taruna Tunas Harapan, Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, menjadi salah satu karang taruna berprestasi di Sampang. Tahun ini mereka akan mengikuti seleksi katar berprestasi di tingkat Jawa Timur.

Mereka akan bersaing dengan semua peserta di Jawa Timur. Berbagai prestasi, kreatifitas hingga inovasi mendukung pembangunan desa akan ditunjukkan. Mereka sudah terbukti terpilih menjadi katar berprestasi di tingkat kabupaten tahun 2020.

Ketua Katar Tunas Harapan Anwar mengatakan, saat ini masih dalam tahap persiapan pengiriman berkas. Dalam ajang pemilihan katar beprestasi itu, di dalamnya akan menyampaikan berbagai kegiatan dan inovasi katar. Termasuk beberapa terobosan yang sudah dilakukan selama ini.

“Termasuk kolaborasi dengan pemerintah desa. Saat ini kami masih proses persiapan. Nanti kita kirim file sebagai persyaratan di tingkat Jawa Timur. Kami yakin bisa bersaing dengan katar di luar Sampang, ” katanya.

Diungkapkannya, berbagai kegiatan akan didokumentasikan dan di presentasikan. Mulai dari kegiatan sosial, vaksinasi, edukasi dan inovasi. Sehingga semua kegiatan tercakup untuk menjadi penilaiaian.

Menurutnya, seleksi di Jawa Timur dipastikan akan ketat. Namun, pihaknya yakin akan mampu bersaing. Terutama dalam bidang kreatifitas. Beberapa kreatifitas Katar Tunas Harapan dinilai memberikan inspiratif dalam ekonomi masyarakat.

“Salah satunya adalah produksi paving dari bahan plastik. Dengan biaya murah namun kekuatan paving bersaing. Saat ini bisnis tersebut masih dikembangkan, ” ucapnya.

Dia melanjutkan, inovasi pembuatan paving dari daur ulang plastik. Pembuatan paving terinspirasi dengan proses pengaspalan jalan di Yogyakarta yang berbahan plastik. Sehingga mereka menginovasi membuat paving.

“Ide itu juga dibantu sejumlah pengurus di karang taruna lainnya. Jadi sampah plastik bisa didaur ulang menjadi paving bernilai ekonomis, ” katanya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *