Kebakaran Didominasi Korsleting Listrik

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BERBAHAYA: Konsleting arus pendek listrik menjadi penyebab kebakaran yang paling mendominasi di Tahun 2021.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Jumlah kebakaran di Bangkalan tahun 2021 menurun. Tercatat pada tahun ini 11 kejadian kebakaran, sementara pada tahun 2020 sekitar 12 kejadian kebakaran. Sementara dari puluhan kejadian kebakaran itu didominasi penyebabnya oleh korsleting listrik.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Bangkalan Multazam menyampaikan, kejadian kebakaran di tahun 2021 didominasi oleh korsleting listrik. Sehingga perlu adanya solusi sebagai langkah pencegahan.

“Iya memang benar nanti akan kami coba komunikasikan dengan ULP PLN Bangkalan, ” katanya.

Lelaki yang akrab disapa Azam itu menyebutkan, ada sekitar 7 hingga 8 kejadian kebakaran di tahun 2021 yang disebabkan oleh korsleting listrik, sedangkan di tahun 2020 disebabkan oleh faktor luar, seperti keteledoran masyarakat dan juga ada unsur kesengajaan.

“Kalau dibandingkan dengan tahun kemarin memang lebih sedikit tapi resiko konsleting listrik ini harus diwaspadai,” lengkapnya.

Korsleting listrik tersebut memang ada dari faktor keteledoran masyarakat seperti tidak mencabut colokan atau dikarenakan tabel yang sudah jelek tetapi tidak diganti, sehingga pemicu tersebut memiliki resiko tinggi dan masyarakat harus menyadarinya.

“Nanti kami juga akan sampaikan kepada masyarakat agar lebih waspada,” ulasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala ULP PLN Bangkalan Hari Purnomo menyampaikan, permasalahan korsleting listrik juga menjadi permasalahan umum di daerah lain. Sehingga perlu ada langkah pencegahan seperti melihat kualitas kabel, dan juga memberikan pengamanan.

“Kita biasanya mewanti-wanti agar masyarakat menggunakan kabel dengan kualitas bagus. “Kami juga tengah melakukan perbaruan peningkatan, jadi akan bertahap nanti,” ucapnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *