oleh

Kebutuhan Logistik Sudah Siap 70 Persen

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Pesta domokrasi tahun 2019 sudah dalam hitungan hari. Secara teknis, pemenuhan logistik pemilu untuk KPU Bangkalan sudah mencapai 70 persen. Ditargetkan H-5 atau H-7 sebelum pelaksanaan pemilu, sudah siap untuk didistribusikan seluruhnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan Fauzan Jakfar mengatakan, seluruh kebituhan logistik pemilu sudah terseimpan di di Gedung Olahraga (GOR) Bangkalan. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pendistribusian. Waktu pelaksanaaanya, disesuaikan dengan tahapan yang ditetapkan oleh KPU.

“Secara teknis persiapan logistik kami sudah enam sampai tujuh puluh persen. Dan kami targetkan H-5 atau tidak H-7 siap untuk didistribusikan,” jelas Fauzan di kantor KPU Bangkalan, Jumat (5/4).

Kerja KPU Bangkalan terbilang harus ekstra, sebagaimana diketahui pelaksanaan pemilu tahun ini berbeda dengan sebelumnya, sebab terdapat dua pemilihan yang digelas secara serentak, yakni pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (pileg).

Dengan begitu, pemilu serentak tahun ini membutuhkan persiapan yang sangat matang, baik secara teknis maupun sumber daya manusia (SDM), agar pemilu bisa berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Terlepas dari persiapan pendistribusian logistik, kesiapan SDM juga menjadi langkah yang harus juga dipersiapkan secara matang,” kata Fauzan.

Mengenai SDM, KPU Bangkalan juga segera melantik kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS) secara serentak di  masing-masing desa.

“Setelah pelantikan KPPS yang dilaksanakan dengan secara serentak. Kami juga disibukkan dengan pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) baik tingkat desa dan tingkat kecamatan.” tuturnya.

Masyarakat juga diharapkan teliti dengan lima surat suara yang akan diterima, baik calon presiden, DPR RI, DPR provinsi, DRPD kabupaten dan DPD. Namun KPU Bangkalan sudah melakukan sosialisasi, baik lewat KPPS, PPS dan bahkan sudah membentuk relawan demokrasi.

“Kami sudah melakukan sosialisasi, termasuk membentuk relawan demokrasi untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Mereka sudah jalan sesuai dengan program-program kerja dan sesuai dengan basis yang sudah disepakati,” pungkasnya. (km46/waw)

Komentar

News Feed