oleh

Kecamatan Batuan dan Manding Belum Realisasikan Rastra

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dua dari 27 kecamatan di Sumenep hingga saat ini belum merealisasikan beras sejahtera (rastra) yaitu, Kecamatan Batuan dan Ganding.

Bahkan, dua kecamatan tersebut tidak menyetor daftar penerima manfaat (DPM).

“Ini sudah ditagih terus. kita sudah hubungi terus ke kecamatan, didatangi,  lewat telpon, WA (whats App), semua sudah, lewat Sekda (sekretaris daerah, red) juga,” jelas Kepala Dinas Sosial Sumenep R Akh Aminullah saat ditemui di kantornya, Senin (13/8).

Sebelumnya, realisasi rasta sempat terkendala karena masih belum adanya kesepakatan yang baik dengan pihak Bulog tentang pendistribusian rastra terhadap masyarakat. Pihak Bulog biasaya hanya mengantarkan beras ke pelabuhan Kalianget, padahal seharusnya harus diantar ke desa termasuk di kepulauan.

Oleh karena itu, Dinas Sosial Sumenep menedesak pihak Bulog untuk mendistribusikannya sampai tingkat desa, terutama di kepulauan. Minul menambahkan, berhubung pihak Bulog tidak punya dana, maka biaya ditribusi tersebut dimohonkan ke pihak Kementerian sosial.

Negosiasi tersebut berhasil , pihak Bulog yang mendistribusikan rastra sampai ke tingkat desa, termasuk yang di kepulauan. Pihak Dinsos yang mendistribusikan dari desa ke dusun-dusun. Berdasarkan kesepakatan tersebut, menurut Aminullah, pihak dinas sosial berhasil mengamankan, menghemat uang sebanyak Rp40 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah (APBD). (mad/rei)

Komentar

News Feed