oleh

Kecamatan Guluk-Guluk Gelar Musrenbangcam, Sarana Serap Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat

Kabarmadura.id/Sumenep-Camat Guluk-Guluk Syamsuri bersama jajarannya menggelar musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrenbangcam) di kantor kecamatan setempat, Selasa (13/2/2018). Acara yang dibuka langsung oleh oleh Camat Guluk-Guluk tersebut bertujuan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan baik berupa pembangunan infrastruktur dan bentuk pembangunan lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat.

Hadir pada acara itu para petinggi kecamatan dan seluruh aparatur di masing-masing desa, badan permusyawaratan desa (BPD), sekretaris desa (sekdes), dan para tokoh masyarakat.

“Urgen bagi kami memaksimalkan kegiatan seperti ini, karena sejatinya kami sebagai penyambung lidah masyarakat desa ke pemerintah kabupaten. Apa yang akan dibenahi di desa dan sebagainya itu masyarakat yang lebih fasih terhadap kondisinya,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Selain itu, dalam forum musyawarah seperti ini, dia melanjutkan, sengaja melibatkan dari pihak pemerintah kabupaten atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang memang bisa menampung dan melaksanakan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu, nantinya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tersebut  bisa segera direalisasikan berdasarkan skala prioritas oleh OPD terkait.

“Tentunya kami sendiri sangat berharap dari kebutuhan masyarakat yang telah disampaikan hari ini di Musrenbangcam ini dapat terkaver dan bisa mulai dibangun atau direalisasikan secepat mungkin,” imbuhnya.

Selain itu, dia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Guluk-Guluk untuk melakukan koordinasi atau musyawarah berkelanjutan terkait bagaimana langkah-langkah sehingga seluruh desa bisa mengalami peningkatan mutu terutama di bidang sumber daya manusia (SDM).

“Ya tentunya kami harus bersinergi. Masyarakat kalau ada yang perlu disampaikan walaupun tidak forum resmi seperti ini datang langsung ke kantor saya, saya selalu terbuka untuk itu,” paparnya.

Ditambahkan, dalam Musrenbangcam Guluk-Guluk banyak menampung usulan pembangunan dari sejumlah desa yang telah melaksanakan Musrenbangdes sebelumnya. Usulan masing-masing desa itu kemudian disaring, mana yang menjadi prioritas utama dan sebelumnya telah direncanakan desa untuk direalisasikan.

Dalam Musrenbangcam tersebut tentunya untuk merencanakan program pembangunan yang didukung dengan anggaran dari negara, utamanya pembangunan yang di luar penggunaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Setelah itu masuk dalam usulan ke Kabupaten Sumenep melalui Bappeda Sumenep, untuk kemudian dilakukan Musrenbangkab Sumenep.

“Tentunya yang diharapkan dalam kegiatan pembangunannya nantinya betul-betul tepat sasaran, tepat manfaat dan berguna bagi masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan musrenbangcam ini adalah amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Pembangunan, yang bertujuan untuk pengelompokan jenis pembangunan, penyelarasan dan penyesuaian anggaran. (imd/pai)

Komentar

News Feed