Kejar Herd Immunity, Dinkes Bangkalan Perluas Pos Vaksin Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) CUKUP EFEKTIF: Kegiatan vaksinasi terus digencarkan, Dinkes Bangkalan ingin target herd immunity harus segera dicapai dengan perluasan pos vaksin di setiap desa.

KABARMADURA.ID | BANGKALANTarget herd immunity di Bangkalan ingin segera dicapai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan kerahkan segala kekuatan untuk mencapai target tersebut. Sebab, target vaksinasi hingga Minggu (24/10/2021), masih berada di angka 35,66 persen untuk vaksin pertama, sedangkan vaksin kedua mencapai 15,65 persen.

Untuk mengejar target vaksinasi tersebut, Dinkes Bangkalan akan memperluas jangkauan pos vaksin di desa.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menyampaikan, target vaksinasi di Bangkalan terus menunjukkan angka yang baik. Sebab, setiap hari selalu ada peningkatan. Yang berarti selalu ada minat masyarakat untuk vaksinasi.

“Setiap hari capaian bertambah, sehingga untuk mencapai target selalu lebih dekat,” katanya.

Menurut Sudiyo, segala upaya sudah dilakukan oleh dinas kesehatan, salah satunya dengan menurunkan sebanyak 200 vaksinator pada kegiatan vaksinasi di desa. Upaya lainnya adalah memberdayakan bidan desa untuk menyediakan dan diperbolehkan melakukan vaksinasi.

Selain itu, kerja sama dengan aparat TNI dan Polri juga terus dilakukan. Agar, kegiatan dan pos vaksinasi desa terus dikembangkan. Bahkan nantinya juga harus bekerja sama dengan kepala desa atau tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

“Dengan tersedianya vaksin di desa, ini lebih mempermudah warga jika sewaktu-waktu ingin vaksin,” ungkap pria dengan sapaan Yoyok ini..

Yoyok juga meyakini bahwa konsep pos vaksin di desa menjadi salah satu yang efektif. Hanya saja, memang harus ada yang membantu memperluas informasi dan memberikan semangat masyarakat agar tidak takut pada vaksin.

Pihaknya mendorong masyarakat untuk berani, jadi nanti mereka yang sudah vaksin, mampu mendorong masyarakat lainnya agar mau divaksin.

Pria berkacamata itu juga mengharapkan agar semua pihak bisa membantu dan saling meyakinkan warganya untuk vaksin. Terlebih seorang kepala desa.

Selain pos vaksin, setiap puskesmas di Bangkalan selalu menyediakan layanan vaksin. Sehingga tidak perlu mendaftar dan juga menunggu lama.

“Di semua puskesmas sudah tersedia, jadi tidak perlu antre lagi, kami siap melayani, dan segera mencapai herd immunity,” pungkas Yoyok.

VAKSINASI BANGKALAN

Target: 825.180 orang

Capaian dosis 1 294.254. 35,66%

Capaian dosis 2 123.103. 15,65%

Capaian dosis 3 2.557 74,57%

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *