oleh

Kejari Sampang Didesak Tahan Kades Bira Barat

Kabarmadura.id/Sampang-Sejumlah warga Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang, kembali menduduki kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang. Hal itu tidak lepas dari proses hukum Kepala Desa (Kades) Bira Barat yang dilaporkan warga sejak 2019 lalu, namun hingga kini belum ada kejelasan.

Masyarakat Desa Bira Barat menuntut Kepala Kejaksaan Negeri Sampang, untuk segera menetapkan Kades Bira Barat sebagai tersangka dalam kasus hukum yang dilaporkan masyarakat setempat.

Jauhari, warga Desa Bira Barat mengugkapkan, sampai saat ini masyarakat masih menunggu pembuktian janji Kajar Sampang, untuk menuntaskan kasus hukum di desanya, baik kasus dugaan korupsi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) / Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona), serta kasus Program Keluarga Harapan (PKH).

Terlebih lanjut Jauhari, selama ini Kades Bira Barat dinilai tidak kooperatif dalam mengikuti proses hukum. Indikasinya, Kades Bira Barat sudah dua kali tidak memenuhi panggilan yang dilayangkan oleh Kejari Sampang.

Oleh karenany, pihaknya mendesak Kejari Sampang untuk segera menetapkan tersangka dan melakukan penahanan terhadap Kades Bira Barat, agar yang bersangkutan tidak menyepelekan pemanggilan Kejari.

“Langsung ditetapkan tersangka dan ditahan saja, kan sudah dua kali dipanggil tapi tidak menghadap,” tuntutnya, Minggu (12/1/2020).

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang Edi Sutomo menyampaikan, dalam bulan ini dua kasus Desa Bira Barat akan diselesaikan.

Dirinya mengungkapkan,  dua kasus yang menyeret nama Kades Bira Barat tersebut saat ini sudah tahap penyidikan. Dirinya mengungkapkan, pihaknya sudah dua kali melakukan pemanggilan kepada Kepala Desa Bira Barat Juhairiyah dan Kurrahman.

Namun keduanya tidak memenuhi panggilan tim penyidik tersebut. Pihaknya berjanji akan segera melayangkan pemanggilan ulang Kades Bira Barat.

“Senin (hari ini, red) kami akan memanggil Kepala Desa Bira Barat (Juhairiyah) beserta Kurrahman,” katanya. (km49/pin)

Komentar

News Feed