Kekeringan Kian Meluas, BPBD Sampang Terjunkan Personil

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MINIM AIR: Salah satu warga memantau kondisi air sungai yang kekeringan di Kecamatan Omben Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Kekeringan yang terjadi di Sampang kian meluas. Belasan kecamatan dan pedesaan jumlahnya semakin bertambah. Bahkan, saat ini kekeringan melanda 73 desa yang sebelumnya hanya 66 desa. Belum lagi, desa yang tidak terkaver data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Sedangkan untuk tingkat kecamatan, sedikitnya ada tiga daerah yang mengalami kekurangan air bersih cukup serius. Masing-masing, Kecamatan Ketapang,  Camplong dan Omben. Tiga wilayah itu, lebih kering dibanding sembilan kecamatan lainnya.  Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Asroni, Rabu (22/9/2021).

Dia mengaku, sudah menerjunkan sejumlah personil untuk mengupdate data kekeringan terkini. Bahkan berharap, turunnya hujan beberapa waktu lalu memberikan tambahan air cadangan kepada masyarakat.

“Memang ada penambahan. Untuk jumlah finalnya belum bisa disampaikan. Tapi yang jelas lebih dari 66 desa,” ujarnya.

Meski Ada tambahan, jumlah sebaran tahun ini masih tergolong menurun  jika dibandingkan dengan sebaran tahun lalu yang mencapai 78 desa. Sehingga akan dilakukan evaluasi agar tahun depan sebaran kekeringan lebih menurun.

Dijelaskan, kering kritis terjadi lantaran pemenuhan air di dusun mencapai 10 liter lebih per orang setiap hari. Sementara jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan air bersih harus menempuh sejauh tiga kilometer lebih. Sedangkan kering langka, merupakan kebutuhan air di bawah 10 liter setiap orang. Warga harus menempuh jarak 0,5 hingga maksimal 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih.

“Untuk di Sampang, wilayah yang mengalami kering kritis masih minim. Tapi kami prioritaskan untuk dilakukan droping air bersih,” jelasnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *