Kekosongan Kepsek SD di Sumenep Tembus 152

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) KOSONG: Puluhan pengisian jabatan kepala sekolah (kepsek) tidak terisi dimungkinkan setelah Covid-19.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kekosongan kepala sekolah (kepsek) sekolah dasar (SD) di Kota Keris terus bertambah, dari semula 128 saat ini sudah menjadi 152. Kekosongan tersebut membuatnya pengelolaan di sekolah kurang maksimal.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Sunarto mengatakan, kekosongan kepsek sebanyak 152. Hal tersebut bertambah karena banyak faktor. Termasuk ada 5 kepsek yang meninggal karena Covid-19.

“Kekosongan tersebut selain karena faktor jenjang golongan belum terpenuhi. Juga banyak kepsek yang telah purna tugas alias pensiun, ada juga yang meninggal karena Covid-19,” katanya, Minggu (15/08/2021).

Menurutnya, kekosongan tersebut masih belum diketahui sampai kapan pengisian jabatan dilakukan. Sebab, semuanya harus memenuhi prosedur yang ada.

“Tahun ini bisa saja masih belum dapat terisi,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Mohammad Saidi menjelaskan, pengisian kepsek masih sangat lama. Sementara kekosongan kepsek masih dijabat oleh pelaksana tugas (plt), pengisiannya dimungkinkan setelah redanyanya Covid-19.

Diketahui, Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Permendiknas Nomor 28 tahun 2010, maka seseorang bisa menjabat kepala sekolah setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) serta dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat.

“Pengisian kepala sekolah harus sesuai prosedur Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah ( LP2KP), sedangkan LP2KP tidak bisa melaksanakan selama pandemi,” tegasnya.

Menurutnya, termasuk bupati tidak dapat mengangkat kepsek tanpa melalui prosedur LP2KP. Dijelaskannya jika dinasnya sudah mengajukan calon kepsek namun LP2KP belum menyetujui. “Pengajuan selalu ditunda oleh LP2KP, karena adanya Covid-19,” paparnya.(imd/mam)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *