Kekuatan Politik Bangkalan Didominasi Trah Syaikhona Holil

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyatakan, setiap perhelatan pesta demokrasi di Kabupaten Bangkalan, didominasi trah Syaikhona Holil. Pengaruh sosiologis yang sangat kuat, menjadi salah satu penyebabnya.

“Di Bangkalan ini ada kuasa simbolik yang sangat kuat, sehingga dalam prolehan kursi cukup mendominasi,” katanya kepada Kabar Madura.

Karisma keluarga besar Syaikhona Holil masih sangat dihormati, bahkan bukan hanya di sebagian masyarakat Pulau Jawa. Sehingga pemilih, terkadang punya rasa ingin memberi penghormatan kepada keluarga dan keturunannya, sehingga kemudian dilengkapi dengan kuasa struktural.

“Kebetulan keturunannya kini sedang berada di struktural partai, sehingga dominasi itu kian kuat, ditambah dengan kuasa di eksekutif saat ini,” tambahnya.

Kondisi yang ada saat ini, akan kembali berpeluang kepada komitmen awal sesepuh yang sudah menjadi panutan sebelumnya, dengan harapan, berjalan selaras dengan konsep pembangunan dan perkembangan di Kabupaten Bangkalan.

“Peran para lora yang ada akan menjadi pemeran masa depan politik di Madura, sehingga akan menjadi identitas politik Kota Salak Bangkalan,” imbuhnya.

Dengan karisma itu, pemilih tidak akan kesulitan dalam menentukan pilihan, meskipun tokoh tersebut berangkat partai mana pun, karena kembali pada pola pemilih di Madura yang sangat tradisional.

“Masyarakat akan memberikan pilihan kepada nama calonnya, bukan partai yang memberangkatkannya,” tandasnya. (awe/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *